PELATIHAN SEKOLAH OTAK PAPUA “BELAJAR PAKAI OTAK” UNTUK SISWA SMP NEGERI 9 JAYAPURA

Authors

  • Hendrikus Masang Ban Bolly Cenderawasih University
  • Renny Sulelino Universitas Cenderawasih

Keywords:

Belajar, Otak, Papua, Siswa, Study, Brain

Abstract

Abstrak

Seluruh aktivitas belajar membutuhkan kinerja otak yang selain berperan sebagai organ sentral dalam proses pembelajaran. Dengan demikian mengetahui bagaimana otak bekerja dalam serangkaian proses pembelajaran akan  menjadi salah satu kunci keberhasilan belajar siswa. Pelatihan “Sekolah Otak Papua (SOP): Belajar Pakai Otak” untuk Siswa SMP Negeri 9 Jayapura bertujuan untuk memberikan cakrawala pengetahuan kepada siswa SMP tentang bagaimana strategi pembelajaran berbasis pengetahuan dan kemampuan mengoptimalkan sumber daya otak demikian pentingnya. Pelatihan telah dilakukan dan diikuti oleh 38 siswa SMP selama 1 hari. Topik materi terdiri atas 7 sub topik yang diuraikan secara interaktif, diselingi dengan peragaan dan “brain games”. Hasil identifikasi pada saat awal pelatihan bahwa tantangan belajar utama siswa sebanyak 45% adalah ketagihan bermain media sosial, waktu fokus siswa dalam belajar mandiri sebanyak 47% hanya kurang dari 10 menit, penyebab kesulitan belajar adalah 29% karena faktor guru. Sebanyak 15 pertanyaan yang diajukan pre- dan post-test terkait konten pelatihan mengalami peningkatan pengetahuan secara signifikan setelah pelatihan diberikan. Pelatihan ini dapat menjadi salah satu alternatif pengembangan kapasitas “software” belajar siswa SMP. Siswa dapat memiliki pengetahuan mengenai strategi belajar menggunakan otak sebagai bekal untuk membentuk kebiasaan belajar yang baik.

Abstract

All learning activities require brain performance, which in addition to acting as a central organ in the learning process. Thus, knowing how the brain works in a series of learning processes will be one of the keys to student learning success. The training "Papua Brain School (SOP): Learning Using the Brain" for SMP Negeri 9 Jayapura Students aims to provide a horizon of knowledge to SMP students about how knowledge-based learning strategies and the ability to optimize brain resources are so important. The training has been conducted and attended by 38 SMP students for full day. The material topics consist of 7 sub-topics described interactively, interspersed with demonstrations and brain games. The results of the identification at the beginning of the training were that 45% of students' main learning challenges were addicted to playing social media, 47% of students' focus time in independent learning was only less than 10 minutes, and 29% of the causes of learning difficulties were due to teacher factors. As many as 15 questions were asked in the pre-and post-test related to the training content, and a significant increase in knowledge was experienced after the training was given. This training can be an alternative to developing the learning "software" capacity of SMP students. Students can learn about learning strategies by using the brain as a provision to form good learning habits.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Hendrikus Masang Ban Bolly, & Renny Sulelino. (2024). PELATIHAN SEKOLAH OTAK PAPUA “BELAJAR PAKAI OTAK” UNTUK SISWA SMP NEGERI 9 JAYAPURA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024BRL86-SNPPM2024BRL95. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/49681

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.