PELATIHAN MENGGUNAKAN MOTION GRAFIC POWER POINT UNTUK MENCIPTAKAN BAHAN AJAR BAHASA PRANCIS YANG MENARIK BAGI GURU BAHASA PRANCIS SMK SE-JAKARTA

Authors

  • Subur Ismail Universitas Negeri Jakarta
  • Ninuk Lustyantie Universitas Negeri Jakarta
  • Evi Rosyani Dewi Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

bahan ajar bahasa Prancis, guru bahasa Prancis SMK, metode ceramah, diskusi kelompok

Abstract

Abstract

This article discusses the results of training activities to create French language teaching materials using PowerPoint motion graphics for French teachers at vocational schools throughout Jakarta. This training activity was motivated by several reasons, including because French in vocational schools is only an elective subject, the lack of interest in learning French among vocational school students, and French language textbooks that do not meet the needs of vocational schools. For this reason, efforts need to be made so that the teaching materials used by teachers are in accordance with the learning needs of vocational school students and the characteristics of vocational school students. One of the efforts made is to provide training to French teachers at vocational schools throughout Jakarta in creating French language teaching materials using Power Point Motion Graphics. This training produces French language teaching materials that can be implemented in classes taught by teachers. Thus, this training activity provides benefits for French teachers in developing French language teaching materials that are appropriate to their needs and interesting. Metode pelatitannya menggunakan metode ceramah, diskusi kelompok dan audio visual.

Keywords: French language teaching materials; vocational French teacher; Training, lecture method, group discussion, and audio visual.

 

 

Abstrak

Artikel ini membahas tentang hasil kegiatan pelatihan pembuatan bahan ajar bahasa Prancis menggunakan motion grafis PowerPoint untuk guru bahasa Prancis SMK se-Jakarta. Kegiatan pelatihan ini dilatarbelakangi oleh beberapa alasan antara lain karena bahasa Perancis di SMK hanya sebagai mata pelajaran pilihan, kurangnya minat belajar bahasa Prancis siswa SMK, dan buku pelajaran bahasa Prancis yang kurang memenuhi kebutuhan SMK. Untuk itu perlu dilakukan upaya agar bahan ajar yang digunakan guru sesuai dengan kebutuhan belajar siswa SMK dan karakteristik siswa SMK.  Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan kepada guru bahasa Prancis SMK se-Jakarta dalam membuat bahan ajar bahasa Prancis dengan menggunakan Motion Graphic Power Point.   Pelatihan ini menghasilkan bahan ajar bahasa Prancis yang dapat diimplementasikan di kelas yang diajar oleh guru.  Dengan demikian, kegiatan pelatihan ini memberikan manfaat bagi guru bahasa Prancis dalam mengembangkan bahan ajar bahasa Prancis yang sesuai dengan kebutuhannya dan menarik.

Kata Kunci: bahan ajar bahasa Prancis; guru bahasa Prancis SMK; Pelatihan,, metode ceramah, diskusi kelompok, dan audio visual.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Subur Ismail, Ninuk Lustyantie, & Evi Rosyani Dewi. (2024). PELATIHAN MENGGUNAKAN MOTION GRAFIC POWER POINT UNTUK MENCIPTAKAN BAHAN AJAR BAHASA PRANCIS YANG MENARIK BAGI GURU BAHASA PRANCIS SMK SE-JAKARTA . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024P451-SNPPM2024P458. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/50007

Similar Articles

<< < 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.