PELATIHAN MATERI MATEMATIKA KREATIF UNTUK SISWA SMP/SEDERAJAT DI KABUPATEN SUKABUMI PROVINSI JAWA BARAT

Authors

  • ibnuhadi Universitas Negeri Jakarta
  • Yudi Mahatma Universitas Negeri Jakarta
  • Eti Dwi Wiraningsih Universitas Negeri Jakarta
  • Debby Agustine Universitas Negeri Jakarta
  • Rifa Khairunnisa Pratiwi Universitas Negeri Jakarta
  • Syarifa Anastasya Putri Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

pelatihan, matematika, smp

Abstract

Abstract

Mathematics is a school material that has a large number of lesson hours in the learning curriculum at junior high school/equivalent level. Content and context in mathematics can be developed with various delivery methods. This is because mathematical material can be viewed as concrete or abstract objects. The logic and knowledge built in this lesson can build a creative side in students' thinking. In this article, we discuss how creative mathematics concepts are applied in training for community service activities in Sukabumi Regency, West Java Province. The method applied uses the concept of project and problem based learning. In its implementation, students are given experience on how to solve mathematical problems by provoking and exploring their creative side. The problems given are chosen to be solved independently or in groups. Of the several problems given, some students succeeded in solving the problem and some were not perfect in solving the problem. This happens because students are not used to solving mathematical problems using their creative abilities.

Keywords: training, mathematics, creative, junior high school

Abstrak

Matematika merupakan materi sekolah yang memiliki jumlah jam pelajaran yang banyak dalam kurikulum pembelajaran di tingkat SMP/sederajat. Konten dan konteks dalam matematika dapat dikembangkan dengan berbagai metode penyampaian. Hal ini disebabkan materi matematika yang dapat dipandang sebagai objek kongkrit maupun abstrak. Logika dan pengetahuan yang dibangun dalam pelajaran ini dapat membangun sisi kreatif dalam cara berpikir siswa. Pada tulisan ini dibahas bagaimana konsep matematika kreatif diterapkan dalam suatu pelatihan pada kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Sukabumi Propinsi Jawa Barat. Metode yang diterapkan menggunakan konsep pembelajaran berbasis proyek dan masalah. Dalam pelaksanaannya, siswa diberikan pengalaman bagaimana menyelesaikan masalah matematika dengan memancing dan menggali sisi kreatif mereka. Masalah yang diberikan dipilih untuk diselesaikan secara mandiri maupun berkelompok. Dari beberapa masalah yang diberikan, siswa ada yang berhasil memecahkan masalah dan ada yang belum sempurna dalam menyelesaikan masalahnya. Hal ini terjadi dikarenakan siswa belum terbiasa menyelesaikan masalah matematika menggunakan kemampuan kreatifitas mereka.

Kata Kunci: pelatihan, matematika, kreatif, smp

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

ibnuhadi, Yudi Mahatma, Eti Dwi Wiraningsih, Debby Agustine, Rifa Khairunnisa Pratiwi, & Syarifa Anastasya Putri. (2024). PELATIHAN MATERI MATEMATIKA KREATIF UNTUK SISWA SMP/SEDERAJAT DI KABUPATEN SUKABUMI PROVINSI JAWA BARAT. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024P246 -SNPPM2024P255. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/50035

Similar Articles

<< < 39 40 41 42 43 44 45 46 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.