Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Guru Madrasah Istiqlal Jakarta dalam Penulisan Kajian Pustaka Pembelajaran Berbasis Literasi Digital melalui Program Pendampingan

Authors

  • Sri Sumarni Universitas Negeri Jakarta
  • Ratna Dewanti Universitas Negeri Jakarta
  • Ifan Iskandar Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Drivoka S Universitas Negeri Jakarta
  • Rizdika Mardiana Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Penulisan kajian Pustaka, Pendampingan Guru Madrasah Istiqlal, Pembelajaran berbasis Literasi Digital, Reviewing works of Literature, Mentoring Istiqlal Islamic Schools Teachers, Digital-literacy-Base Learning

Abstract

Abstrak
Kajian pustaka merupakan hal mendasar dalam meneliti maupun menulis artikel ilmiah. Melalui kajian pustaka dapat ditemukan informasi terbaru bidang yang akan diteliti, celah penelitian, dan rujukan dasar teoritis untuk meneliti dan atau menulis artikel ilmiah. Namun demikian banyak guru memiliki kesulitan dalam menulis kajian pustaka yang mengakibatkan mereka enggan meneliti dan publikasi. Tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menulis kajian pustaka pembelajaran berbasis literasi digital. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan secara luring dan daring; dimulai dengan penyajian materi tentang menuliskan judul penelitian, pengetahuan tentang kajian pustaka, tujuan dan fungsi kajian Pustaka, serta cara membuat kajian Pustaka, dilanjutkan dengan pendampingan penulisan. Sasaran kegiatan adalah para guru di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Istiqlal Jakarta. Kegiatan menunjukkan hasil yang baik dengan indicator semua peserta menuliskan judul penelitian dan mendekonstruksi untuk menetapkan variable dan konteks penelitian, mengidentifikasi kata kunci sebagai dasar kajian pustaka, menyusun kerangka kajian pustaka untuk dikembangkan sesuai kebutuhan peserta. Kesimpulannya adalah program pendampingan dari perguruan tinggi bermanfaat bagi guru dalam menyelesaikan masalah penulisan kajian pustaka.


Abstract
Reviewing works of literature is a basic need for researching and writing academic articles. Conducting a literature review will enable us to reveal the current information regarding to the topic to be studied, the research gap, and references for the theoretical bases. However, many teachers in Indonesia find difficulties in writing a literature review causing them to be reluctant to conduct research and produce academic articles. This community service aimed to improve teachers' knowledge and skills in writing literature reviews on digital literacy-based learning. Offline and online workshop and mentoring methods were employed during the service, carried out in two main phases; orienting and engaging teachers to get to know about literature review and research, engaging and mentoring teachers to search and conduct literature review. The target of this service were teachers of the Islamic Primary, Junior High, and Senior Schools in 2 Istiqlal Jakarta. The service showed good results in terms of the complete participation of the teachers in writing their research titles, deconstructing the title to decide the research focuses and context, identifying the keywords as the bases for the literature review, and composing the framework to be developed related to their needed literature reviews. It can be concluded that mentoring program from the faculty members can solve the teachers’ problems in writing literature reviews.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Sri Sumarni, Ratna Dewanti, Ifan Iskandar, Siti Drivoka S, & Rizdika Mardiana. (2024). Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Guru Madrasah Istiqlal Jakarta dalam Penulisan Kajian Pustaka Pembelajaran Berbasis Literasi Digital melalui Program Pendampingan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024P648-SNPPM2024P658. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/53238

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.