UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DIPERMUKAAN BUMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS DISKUSI SISWA KELAS X–F SMA NEGERI 54 JAKARTA

  • Hasanuddin Hasanuddin Guru SMA Negeri 54 Jakarta
Keywords: siswa, metode inquiry, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran geografi dengan model pembelajaran inquiry berbasis diskusi. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan terhitung mulai tanggal 4 februari – 9 mei 2012 di SMA Negeri 54 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan yang terdiri dari 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Pada pelaksanaan penelitian, peneliti bertindak sebagai pengajar di kelas X dengan dibantu oleh guru lainnya sebagai kolaborator. Siklus pertama didapat skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 69,63 karena pada siklus pertama para siswa baru diperkenalkan model pembelajaran Inquiry berbasis diskusi sehingga siswa belum terbiasa dengan model tersebut. Pada siklus kedua diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,88, terdapat peningkatan sebesar 4,25 berarti dengan model pembelajaran ini siswa sudah mulai menemukan cara belajar efaktif dan menarik.

Kata kunci : siswa, metode inquiry, hasil belajar

Published
2014-09-30
How to Cite
Hasanuddin, H. (2014). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DIPERMUKAAN BUMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS DISKUSI SISWA KELAS X–F SMA NEGERI 54 JAKARTA. Jurnal Spatial Wahana Komunikasi Dan Informasi Geografi, 12(2), 8-15. https://doi.org/10.21009/spatial.122.02