UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DIPERMUKAAN BUMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS DISKUSI SISWA KELAS X–F SMA NEGERI 54 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/spatial.122.02Keywords:
siswa, metode inquiry, hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran geografi dengan model pembelajaran inquiry berbasis diskusi. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan terhitung mulai tanggal 4 februari – 9 mei 2012 di SMA Negeri 54 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan yang terdiri dari 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Pada pelaksanaan penelitian, peneliti bertindak sebagai pengajar di kelas X dengan dibantu oleh guru lainnya sebagai kolaborator. Siklus pertama didapat skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 69,63 karena pada siklus pertama para siswa baru diperkenalkan model pembelajaran Inquiry berbasis diskusi sehingga siswa belum terbiasa dengan model tersebut. Pada siklus kedua diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,88, terdapat peningkatan sebesar 4,25 berarti dengan model pembelajaran ini siswa sudah mulai menemukan cara belajar efaktif dan menarik.
Kata kunci : siswa, metode inquiry, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the journal SPATIAL Wahana Komunikasi dan Informasi Geografi agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/