PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN MANDIRI PADA MATA KULIAH TEORI DAN PRAKTIK PLUMBING
Keywords:
Analisa Kebutuhan, Teori dan Praktek Plumbing, Video PembelajaranAbstract
ABSTRACT
Students in this digital era have easier access to various learning resources outside the classroom, including through videos on online platforms such as YouTube, as well as online learning platforms like Ruangguru and Zenius. This research aims to analyze the needs of students for the development of instructional media in the theory and practice of plumbing courses at the State University of Jakarta's Building Engineering Education program. The needs analysis is conducted using the Lee and Owens Model, specifically the assessment/analysis phase. Data collection is done by distributing qualitative questionnaires to students who have completed the theory and practice of plumbing course. Based on the conducted needs analysis, 23.8% of the students stated that the existing media does not facilitate their understanding of the given materials, and 66.6% mentioned that the presented media lacks attention- grabbing elements. Furthermore, 95.2% chose to have media updates, and 100% of the students stated that the uploaded instructional media on the YouTube channel can facilitate their self-study.
Keywords: Instructional Video, Needs Analysis, Theory and Practice of Plumbing
ABSTRAK
Mahasiswa di era digital ini memiliki akses yang lebih mudah terhadap berbagai sumber belajar di luar ruang kelas, termasuk melalui video pada platfrom online seperti youtube maupun platform pembelajaran online seperti Ruangguru dan Zenius. Salah satu bentuk dari video pembelajaran yang bisa diterapkan pada pendidikan tinggi adalah video tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kebutuhan mahasiswa terhadap pengembangan media pembelajaran pada mata kuliah teori dan praktek plumbing di Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Analisa kebutuhan dilakukan dengan menggunakan survei kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan survey kuesioner dengan jenis data kuantitatif kepada mahasiwa yang telah menyelesaikan mata kuliah teori dan praktek plumbing. Berdasarkan hasil analisa kebutuhan yang telah dilakukan, sebesar 23,8% mahasiswa menyatakan bahwa media yang ada tidak memudahkan mereka untuk memahami materi yang diberikan dan 66,6% mengatakan media yang disajikan kurang menarik perhatian mereka. Kemudian sebesar 95,2% memilih untuk mengadakan pembaruan media dan 100% mahasiswa menyatakan media pembelajaran yang diunggah pada kanal Youtube dapat mempermudah mereka untuk belajar mandiri.
Kata Kunci : Analisa Kebutuhan, Teori dan Praktek Plumbing, Video Pembelajaran