STUDI LITERATUR : KESULITAN DALAM PENGAPLIKASIAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) OLEH GURU SMK
Keywords:
Kesulitan Guru, Pengaplikasian, Project Based Learning (PjBL)Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan kejuruan yang siswanya dituntut memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Hal tersebut dapat diimbangi oleh peranan guru dalam proses pembelajaran. Peranan guru menjadi penting dikarenakan kegiatan pembelajaran harus disusun sebaik mungkin untuk mencapai tujuan pembelajaran, dalam hal tersebut maka harus diimbangi dengan kompetensi guru itu sendiri. Salah satu kompetensi terpenting yang harus dimiliki guru ialah kompetensi pendagogik, karena dengan kompetensi pendagogik guru mampu mengelola pembelajaran dengan memperhatikan media dan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa. Salah satu model pembelajaran yang dinilai sesuai dengan karakteristik pembelajaran di SMK adalah Project Based Learning (PjBL). Pada dasarnya, model PBjL merupakan model yang berupaya membekali siswa dengan keterampilan belajar mandiri dan kelompok sekaligus bertujuan untuk mendukung keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta keterampilan praktis. Hasil observasi awal pada suatu SMK di Jakarta masih terdapat guru yang menerapkan model pembelajaran PjBL tetapi menyatakan mengalami kesulitan dalam pengaplikasian model pembelajaran tersebut. Maka dari itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait bagaimana penerapan model pembelajaran PjBL yang dilakukan oleh guru SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaplikasian model pembelajaran PjBL serta kesulitan yang dialami oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang bertujuan untuk menganalisis beberapa temuan yang bersumber dari jurnal, artikel, dan penelitian-penelitian terdahulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui cara mendalami, mengidentifikasi, dan mendeskripsikan temuan-temuan dari penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran PjBL oleh guru masih belum maksimal. Banyak hal yang menjadi faktor kesulitan guru dalam menerapkan model pembelajaran PjBL antara lain: guru kurang memahami langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan sintaks, fasilitas yang disediakan oleh sekolah kurang memadai untuk keberlangsungan proyek, alokasi waktu penyelesaian proyek yang terbatas, guru belum pernah mendapatkan pelatihan mengenai penerapan model PjBL, guru kurang paham menentukan proyek yang sesuai dengan model pembelajaran berbasis proyek.