KAJIAN LITERATUR: EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN BERSIFAT TEORI
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Video Animasi, Efektivitas, Studi Literatur, Pembelajaran TeoriAbstrak
ABSTRACT
In theoretical subjects, the use of learning media has an important role in increasing the effectiveness of the learning process. Animated video media is one of the media that is considered relevant to be used in theoretical learning, because of its ability to represent theoretical material or concepts to be concrete. The purpose of this literature review is to investigate the effectiveness of animated video-based learning media in facilitating theoretical learning. This literature review uses the method of analyzing a number of journals relevant to the topic. The procedures are theme selection, information search, research direction determination, data source collection, data presentation, and report preparation. The main focus of this literature review is to determine the effectiveness of animated video learning media based on: (1) the validity of animated video learning media in theory learning, (2) students' responses after using animated video learning media, and (3) the effectiveness of animated video learning media in theory learning. The main finding of this research is that the use of animated video media shows good effectiveness in theoretical learning. With the following research results: (1) animated video learning media was declared valid for use in theoretical learning, because it obtained a percentage of validation by material experts of 80 - 93%, and validation by media experts of 65.45 - 93%. (2) Students' responses after using the animated video in learning showed a positive response. The practicality of the animated video obtained a value of 85.86 - 94.84%, indicating that the animated video media is very practical to use to support theory learning. (3) animated video learning media is declared effective because it has a positive effect on the level of completeness and student learning outcomes. Where the completeness rate was 81.48 - 85.3%, and the posttest value obtained was 77.58 - 83.33 higher than the pretest value of 27.67 - 57.94.
Keywords: Learning Media, Animated Video, Theory Learning, Effectiveness, Literature Review
ABSTRAK
Pada mata pelajaran bersifat teori penggunaan media pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Media video animasi merupakan salah satu media yang dinilai relevan digunakan dalam pembelajaran bersifat teori, karena kemampuanya merepresentasikan materi yang bersifat teori atau konsep menjadi konkret. Tujuan dari kajian literatur ini adalah untuk menyelidiki efektivitas media pembelajaran berbasis video animasi dalam memfasilitasi pembelajaran teori. Kajian literatur ini menggunakan metode analisis terhadap sejumlah jurnal yang relevan dengan topik tersebut. Prosedur yang dilakukan yaitu pemilihan tema, pencarian informasi, penentuan arah penelitian, pengumpulan sumber data, penyajian data, dan penyusunan laporan. Fokus utama kajian literatur ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran video animasi berdasarkan: (1) validitas media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran teori, 2) respon peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran video animasi, dan (3) keefektifan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran teori. Temuan utama dari penelitian ini yaitu bahwa penggunaan media video animasi menunjukan efektivitas baik dalam pembelajaran bersifat teori. Dengan hasil penelitian sebagai berikut: (1) media pembelajaran video animasi dinyatakan valid digunakan dalam pembelajaran teori, karena memperoleh persentase validasi oleh ahli materi sebesar 80 – 93%, dan validasi oleh ahli media sebesar 65,45 – 93%. (2) respon peserta didik setelah menggunakan video animasi dalam pembelajaran menunjukan respon positif. Kepraktisan video animasi diperoleh nilai 85,86 – 94,84%, menunjukan bahwa media video animasi sangat praktis digunakan untuk mendukung pembelajaran teori. (3) media pembelajaran video animasi dinyatakan efektif karena berpengaruh positif terhadap tingkat ketuntasan dan hasil belajar peserta didik. Dimana angka ketuntasan sebesar 81,48 – 85,3%, dan nilai posttest didapat sebesar 77,58 – 83,33 lebih tinggi dibandingkan nilai pretest sebesar 27,67 – 57,94.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Pembelajaran Teori, Efektivitas, Kajian literatur