ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-MODUL INTERAKTIF MATA KULIAH DRAINASE PERKOTAAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Penulis

  • Aditya Rizal Ernovianto Universitas Negeri Jakarta
  • Arris Maulana Universitas Negeri Jakarta
  • R Eka Murtinugraha Universitas Negeri Jakarta

Kata Kunci:

Analisis Kebutuhan, Bahan Ajar, E-Module, Drainase Perkotaan

Abstrak

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui analisa kebutuhan mengenai pengembangan bahan ajar berbasis E-Modul interaktif mata kuliah drainase perkotaan Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Analisis kebutuhan dibuat bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi masalah yang kemungkinan menjadi penyebab kesalahan pada proses pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development dan model yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Terdapat data yang sudah terkumpul dari angket yang telah disebar kepada mahasiswa yang sudah mengikuti mata kuliah Drainase Perkotaan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan diperoleh hasil sebanyak 86,7% mahasiswa menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan merupakan Powerpoint, 60% mahasiswa menyatakan bahwa mereka masih terkendala dalam memahami materi dengan hanya menggunakan media Powerpoint. Sebanyak 60% mahasiswa sangat setuju dan 40% mahasiswa setuju diadakan pengembangan bahan ajar pada mata kuliah drainase perkotaan berbasis E-Modul Interaktif.

Diterbitkan

2024-09-14