Aplikasi Model Vector Autoregressive (VAR) pada Data Tamu Mancanegara di Hotel Bintang dan Non Bintang di Daerah Istimewa Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/JSA.03202Keywords:
VAR, international tourist, star-hotel, non-star-hotelAbstract
Model Vector Autoregressive (VAR) merupakan gabungan dari beberapa model Autoregressive (AR), dimana model membentuk sebuah vektor yang antara variabel-variabelnya saling memengaruhi. Model AR(1) menyatakan bahwa pengamatan waktu sekarang dipengaruhi pengamatan satu waktu sebelumnya dan unsur error. Pada analisis ini, model Vector Autoregressive (VAR) digunakan pada data tamu mancanegara per bulan yang menginap di Hotel Bintang dan Non bintang di Daerah Istimewa Yogyakarta per bulan periode Januari 2008 sampai dengan Desember 2015. Pembentukan model VAR melalui beberapa tahap yaitu: uji stasioneritas, penentuan orde autoregressive, pembentukan model VAR, dan diagnostic checking. Untuk pengolahan data dilakukan dengan program R 3.5.1. Dari analisis data, variabel jumlah tamu wisatawan mancanegara di Hotel Bintang dan Hotel Non Bintang di Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki korelasi yang cukup tinggi yaitu sebesar 0,91. Dengan model Vector Autoregressive (VAR) yaitu VAR(1) didapatkan kedua hasil persamaan simultan yang signifikan. Nilai R2 dan Adjusted R2 kedua persamaan parsial model VAR(1) cukup tinggi yaitu untuk persamaan variabel Hotel Bintang didapatkan R2 sebesar 71,13% dan Adjusted R2 70,5%, sedangkan untuk persamaan variabel Hotel Non Bintang didapatkan R2 sebesar 76,56% dan dan Adjusted R2 70,65 %.