Klasifikasi Antusiasme Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring Menggunakan Metode Chaid

Authors

  • Afifi Indrasari UII
  • Riefyal Arshyzha Mustain
  • Muhammad Tanaka
  • Muhammad Sukriansyah
  • Edy Widodo

DOI:

https://doi.org/10.21009/JSA.05205

Keywords:

metode klasifikasi, analisis CHAID, kuliah daring, antusias mahasiswa

Abstract

Pandemi Covid-19 adalah alasan diadakannya perkuliahan daring dari berbagai kampus maupun sekolah di Indonesia, begitupun dengan kampus Universitas Islam Indonesia yang terletak di Yogyakarta. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui apakah media-media yang digunakan dalam perkuliahan daring dapat menunjang kebutuhan pembelajaran baik bagi pengajar maupun bagi mahasiswa atau justru menyebabkan antusiasme mahasiswa menjadi menurun terhadap perkuliahan dengan metode yang digunakan. Penelitian ini menerapkan metode CHAID yang merupakan salah satu bagian dari metode klasifikasi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan menggunakan angket google form lalu melanjutkan ke analisis data deskriptif dan analisis CHAID. Terdapat 1 variabel dependen yaitu variabel tingkat antusiasme mahasiswa dan 8 variabel independen yang akan digunakan yaitu variabel jenis media sosial, tingkat kehadiran mahasiswa, kegiatan persiapan mengajar dosen, metode pembelajaran, lama waktu kuliah dan intensitas pemberian tugas. Pada kasus FMIPA UII, didapatkan 6 segmen rekomendasi dari 13 segmen untuk meminimumkan antusiasme biasa saja dan tidak baik dengan tingkat akurasi sebesar 61.25%.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Afifi Indrasari, Riefyal Arshyzha Mustain, Muhammad Tanaka, Muhammad Sukriansyah, & Edy Widodo. (2021). Klasifikasi Antusiasme Mahasiswa terhadap Perkuliahan Daring Menggunakan Metode Chaid. Jurnal Statistika Dan Aplikasinya, 5(2), 166–173. https://doi.org/10.21009/JSA.05205