Author Guidelines

 

PEDOMAN PENULISAN JURNAL COMMUNICOLOGY

1. Lingkup Jurnal. Tulisan yang dapat dimuat adalah yang mengkaji masalah yang berhubungan dengan public relations dan komunikasi

2. Jenis Tulisan. Jurnal Communicology akan menerima makalah-makalah hasil penelitian orisinil, makalah review terkini, makalah ilmiah bukan penelitian seperti laporan studi kasus atau kajian pustaka komprehensif, dan hasil diskusi untuk keperluan publikasi suatu hasil penelitian yang dipandang penting, dan secara cepat perlu segera diterbitkan. Laporan penelitian minimal harus memuat bagian abstraksi, kata kunci, pendahuluan (latar belakang, tujuan, hipotesis, konsep, kunci), metodologi penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, simpulan dan pustaka. Makalah review, makalah ilmiah bukan penelitian, dan hasil diskusi minimal harus memuat bagian abstraksi, kata kunci, pendahuluan, pembahasan, simpulan dan pustaka.

3. Panjang Tulisan. Panjang tulisan 15-20 halaman A4 spasi 1.5 termasuk tabel dan gambar, dan lampiran, dengan book antique 12 point.

4. Abstraksi. Panjang abstraksi maksimum 200 kata, disertai kata-kata kunci pada bagian akhir abstraksi. Abstraksi dibuat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang memuat masalah penelitian, metodologi penelitian, hasil dan manfaat. Abstraksi tidak bersifat matematis.

5. Bahasa. Ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris dengan memperhatikan kaidah-kaidah penggunaan bahasa ragam ilmiah menggunakan bentuk pasif dan hindari penggunaan kata ganti orang.

6. Tabel dan Gambar. Tabel dan gambar harus diberi nomor dan judul lengkap, dan harus diacu dalam tulisan.

7. Kutipan. Setiap kutipan harus menyertakan sumbernya yang ditulis pada akhir kutipan.

9. Daftar Pustaka. Daftar pustaka disusun dengan mengunakan mendeley

10. Data Penulis. Pada bagian akhir tulisan, tuliskan data riwayat pendidikan mulai dari S1 dan bidang yang dipelajari serta tahun lulus, bidang minat dan spesifikasi, aktivitas keilmuan yang dilakukan dan jabatan yang dipegang (jika ada), serta hal-hal lain yang perlu dicantumkan.