MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN LARI GAWANG (A.D.L) BERBASIS PERMAINAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

  • Ayu Dyah Lubena SMAN 3 KOTA Bekasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan keterampilan lari gawang bagi Siswa Sekolah Menengah
Atas (SMA). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R & D). Instrumen yang
digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket kuesioner serta instrumen psikomotorik
keterampilan lari gawang yang digunakan untuk mengumpulkan data pada tahap: (1) desain produk (2)
perencanaan pengembangan model (3) validasi, evaluasi, dan revisi model. Dalam melihat hasil efektifitas
model digunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji t berkorelasi dengan taraf signifikan α= 0,05.
Hasil perhitungan diperoleh nilai t-hitung -52,597 sedangkan t-tabel 1,669 dan taraf signifikan sebesar
0,000, berdasarkan dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran keterampilan
lari gawang (A.D.L) berbasis permainan bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) layak serta efektif
dalam meningkatkan keterampilan lari gawang untuk Siswa Sekolah Menengah Atas.

Published
2017-04-30
How to Cite
LUBENA, Ayu Dyah. MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN LARI GAWANG (A.D.L) BERBASIS PERMAINAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). GLADI JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 61 - 67, apr. 2017. ISSN 1693-1556. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/gjik/article/view/2519>. Date accessed: 21 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.21009/GJIK.081.05.
Citation Formats