PELAKSANAAN PEMBELAJARAN OLAHRAGA BOLA BOCCE UNTUK ANAK TUNAGRAHITA DI SLB ASIH BUDI I

  • Indah Fatmawati
Keywords: Pembelajaran, Bola Bocce, Anak Tunagrahita

Abstract

Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Observasi dilakukan dengan mengamati pelaaksanaan olahraga bola bocce. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah dan guru kelas. Dokumentasi dilakukan dengan cara mengambil gambar berupa foto. Analisis yang digunakan dengan membandingkan antara data dengan hasil wawancara dan dokumen yang berkaitan sehingga datanya penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan olahraga bola bocce untuk anak tunagrahita dengan memaparkan proses pembelajaran yang dilaksanakan dan mengetahui sejauh mana upaya guru dalam mengoptimalkan perilaku baik pada anak tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak menyusun perencanaan pembelajaran. Metode yang digunakan terbatas pada metode demonstrasi dan permainan. Guru melakukan pembelajaran dengan memberikan praktek langsung tentang permainan bola bocce. Media pembelajaran yang diberikan pada saat olahragabola bocce menggunakan bola, peluit, meteran, papan. Proses pelaksanaan pembelajaran selama 90 menit setiap seminggu sekali. Evaluasi pembelajaran pelaksanaan olahraga bola bocce diberikan saat pembelajaran berlangsung. Implikasi dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran olahraga bola bocce untuk anak tunagrahita memberikan kontribusi yang besar bagi siswa tunagrahita. Terutama dalam hal meingkatkan pengetahuan. Dengan memberikan pembelajaran olahraga bola bocce untuk anak tunagrahita maka siswa dapat meningkatkan kemampuan motorik siswa dan mengajarkan siswa untuk belajar bekerja sama dan menjalin kekompakan.

Published
2018-01-25