Author Guidelines

AUTHOR GUIDELINE
JURNAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MADANI FAKULTAS
EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Kajian atau topik yang dimuat dalam JPMM difokuskan pada penerapan ilmu pengetahuan, teknologi komunikasi, pendidikan, kewirausahaan, bisnis, budaya dan seni dalam memberdayakan masyarakat dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Artikel berupa laporan hasil pengabdian kepada masyarakat baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
2. Kajian atau topik yang dimuat dalam JPMM difokuskan pada penerapan ilmu pengetahuan, teknologi komunikasi, pendidikan, kewirausahaan, bisnis, budaya dan seni dalam memberdayakan masyarakat.
3. Artikel yang dikirim ke jurnal tidak sedang dikirimkan ke jurnal/terbitan lain dan belum dipublikasikan dalam jurnal/terbitan lain.
4. Artikel dikirim dalam bentuk hardcopy dan atau softcopy dengan format Microsoft Word.
5. Redaksi berhak mengedit tata bahasa dan ejaan naskah yang dimuat tanpa mengurangi atau mengubah maksud tulisan.

Sistematika Penulisan:
• Judul: Ditulis singkat dan padat (max 12 kata)
• Nama Penulis: Nama penulis ditulis tanpa gelar, asal lembaga, negara, dan alamat email, dan nomor kontak yang bisa dihubungi (Whatsap).
• Abstrak: Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris. Abstrak memuat uraian mengenai tujuan pengabdian kepada masyarakat, metode yang digunakan, dan hasil pengabdian kepada masyarakat. Abstrak ditulis secara ringkas, padat dan ditulis dalam satu alinea (maksimal 150-200 kata).
• Kata Kunci: Kata kunci berisi ide-ide atau konsep dasar yang mewakili bidang yang diteliti. Kata kunci maksimal 5 ide atau konsep.
• Pendahuluan: Bagian ini berisi tentang analisis situasi, perumusan masalah, tujuan, dan manfaat pengabdian kepada masyarakat
• Kajian Teoritik: Bagian ini berisi rangkuman kajian teori yang relevan terkait dengan bagaimana kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan.
• Materi dan Metode: Bagian ini berisi kerangka pemecahan masalah, realisasi pemecahan masalah, khalayak sasaran dan metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat.
• Hasil dan Pembahasan: Bagian ini memuat hasil apa saja yang telah diperolah dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dan kemudian dibahas dengan berbagai acuan yang ada.
• Kesimpulan dan Saran: Menyajikan kesimpulan dan saran berdasarkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
• Daftar Pustaka: Memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel, hanya sumber-sumber yang digunakan yang dimuat dalam daftar pustaka.

Format Penulisan:
1. Artikel dapat disajikan dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
2. Artikel dikirim dalam bentuk soft copy dengan melakukan submit langsung pada
link: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpm/about/submissions?jpeb=Online+Submissions, selanjutnya ikuti prosedur pendaftarannya. Artikel yang tidak dimuat tidak dikembalikan.
3. Panjang tulisan antara 20 – 28 halaman dan ditulis dalam kertas ukuran A4
dengan spasi 1,5.
4. Jenis huruf yang digunakan: Times New Roman ukuran 12
5. Setiap tabel atau gambar diberi nomor urut, judul, yang sesuai dengan isi tabel dan gambar, dan sumber kutipan (jika ada). Sumber kutipan ditulis di bawah gambar atau tabel. Judul tabel ditulis di atas tabel dan judul gambar ditulis di bawah gambar.
6. Semua halaman termasuk tabel, lampiran dan daftar pustaka diberi nomor urut halaman.
7. Sumber kutipan dalam teks ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun, dan nomor halaman jika dipandang perlu.

Contoh:
• Apabila kutipan berasal dari satu sumber: (Agus Wibowo, 2012), (Dedi Purwana, 2015:131), (Gurry & Yulk, 2006:72), (Case, et.al., 2012) atau (Agus Wibowo, dkk., 2015)
• Apabila kutipan berasal dari dua sumber dengan penulis yang berbeda: (Bush, 2009:163; Choleman & Tracy, 2010: 254)

8. Daftar pustaka ditulis alphabetis sesuai dengan nama akhir (tanpa gelar akademik), baik penulis asing maupun penulis Indonesia dengan contoh sebagai berikut:
• Jurnal:
Yelle, L.E. (1980). Industrial Life Cycles and Learning Curves: Marketing and Production Interaction Industrial Marketing Management, 9 (4), 311-318.
Darmarika, I. (2006). Pembangunan Manusia Sebagai Sarana Pemberdayaan Masyarakat Miskin. Jurnal Economia, 2(1), 1-11.
• Laporan Penelitian:
Dianta Sebayang, dkk. (2012). Tracer Studi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta 2016. Laporan Penelitian. Jakarta: LEMLIT UNJ.
• Buku:
Agus Wibowo. (2011). Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Dedi Purwana. (2016). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo.
Ebel, R.L. & Frisbie, D.A. (1991). Essential Of Educational Measurement (5th Edition). New Delhi: Prentice-Hall, Inc.
Bush., et.al. (2012). Leadership New Age (9th Edition). Boston: Addison-Wesley.
• Internet:
White, H. (2007). Problem-Based Learning in Introductory Science Across Disciplines. Diakses dari http://www.udel.edu/chem/white/finalrpt.html pada tanggal 6 Januari 2011.