PELATIHAN PEMBUATAN BUKU DIGITAL KVISOFT FLIPBOOK MAKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU

  • Dewi Handayani Universitas Bengkulu
  • Muzanip Alperi Universitas Bengkulu
  • Sura Menda Ginting Universitas Bengkulu
  • Salastri Rohiat Universitas Bengkulu
Keywords: digital book, Kvisoft Flipbook Maker Applications, Learning Media

Abstract

Abstract

The aim of this public service activity is to teach teachers to be able to create a digital book using Kvisoft Flipbook Maker application as a learning media for high school teachers in SMAN 4, Kota Bengkulu and describing the feedbacks of the books from the teachers. In this activity, there were three approaching methods that were used, namely workshop, guided practice, and evaluation. The instrument used in this activity was a response questionnaire from the teachers. The result from the questionnaire shows the average level of satisfactory of 4,25 (very good). It means that teachers understood and ready in creating and using the digital book using this application. Teachers were actively involved  from the preparation stage, implementation on class, and inducing other schools to use the digital books. The teachers involved were very eager and enthusiast as the instruction to make the digital book was easy to follow, the software was readily available, and the product was easily accessible.

Abstrak

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membuat buku digital menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker sebagai media pembelajaran bagi Guru  SMAN 4 Kota Bengkulu serta mendeskripsikan respon guru terhadap buku digital yang dibuat. Dalam kegiatan pengabdian ini menggunakan tiga metode pendekatan yaitu pembekalan/workshop, praktek terbimbing dan evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah  lembar angket respon guru terhadap buku digital yang dibuat. Berdasarkan hasil pengabdian yang telah dilakukan, guru telah berhasil membuat buku digital dengan menggunakan panduan yang sudah dibuat. Dari angket yang disebar diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,25 dengan kategori Sangat Baik. Artinya guru/ peserta telah memahami dan siap dalam membuat buku digital menggunakan aplikasi ini mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan aplikasinya di kelas dan pengimbasannya kepada sekolah lain. Guru yang mendapatkan pelatihan ini sangat senang dan antusias terhadap pelatihan yang diberikan. Kelebihan buku digital diantaranya adalah untuk mendapatkan dan membuatnya sangat mudah, tidak terlalu banyak biaya dan bisa dilihat dimana saja dan kapan saja.

Published
2020-12-20
How to Cite
Handayani, D., Alperi, M., Ginting, S. M., & Rohiat, S. (2020). PELATIHAN PEMBUATAN BUKU DIGITAL KVISOFT FLIPBOOK MAKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), SNPPM2020P-84 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/19625