PENGGUNAAN CANVA SEBAGAI INFOGRAFIS BAGI GURU-GURU DI SMK YAPINUH WILAYAH DESA PANTAI SEDERHANA KECAMATAN MUARA GEMBONG KABUPATEN BEKASI

  • Vina Oktaviani Universitas Negeri Jakarta
  • Rafiuddin Syam Universitas Negeri Jakarta
  • Achmad Idris As-salam Universitas Negeri Jakarta
  • Alyaa Fauziah Universitas Negeri Jakarta
  • Davin Fauzan Ibnu Alaudin Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Learning Media, Infographics, Community service, Canva

Abstract

Abstract

Learning by using media images can attract students and increase students' understanding in learning. One of the image media that can be used as a learning medium is an innovative infographic-based learning media. This community service activity aims to provide training in increasing the knowledge and skills of teachers in making infographic-based learning media. Through this training, teachers are given infographic theoretical and practical material that can be used as learning media. The training participants were 31 teachers at the Yapinuh Vocational School in the Simple Beach Village, Muara Gembong, Bekasi Regency. Through the results of initial observations, it was found that only <10% of teachers knew about infographic-based learning media. The training was carried out in 3 stages, namely: socialization of activities and introduction of material, practice of making products and final evaluation. Based on the training provided, it can be concluded that there was an increase in the participants' ability to understand infographics as learning media by >80%. While the ability to manufacture products has increased by> 80%. Therefore, this training had an impact in increasing the knowledge and ability of teachers to create infographic-based learning media.

 

Abstrak

Pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat menarik minta perserta didik dan meningkatkan pemahaman peserta didik dalam belajar. Salah satu media gambar yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah inovasi media pembelajaran berbasis infografis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam membuat media pembelajaran berbasis infografis. Melalui pelatihan ini, guru-guru diberikan materi teori dan praktik infografis yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Peserta pelatihan merupakan 31 orang guru-guru SMK Yapinuh yang ada di Desa Pantai Sederhana, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Melalui hasil observasi awal didapatkan data bahwa hanya <10% guru- guru yang mengetahui tentang media pembelajaran berbasis infografis. Pelatihan dilakukan dalam 3 tahap yaitu: sosialisai kegiatan dan pengenalan materi, praktik pembuatan produk dan evaluasi akhir. Berdasarkan pelatihan yang diberikan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan peserta dalam memahami infografis sebagai media pembelajaran sebesar >80%. Sedangkan kemampuan dalam pembuatan produk mengalami peningkatan sebesar >80%. Oleh karena itu, pelatihan ini memberikan dampak dalam menambah pengetahuan dan kemampuan guru-guru untuk membuat media pembelajaran berbasis infografis.

 

Published
2022-12-20
How to Cite
Oktaviani, V., Syam, R., Idris As-salam, A., Fauziah, A., & Fauzan Ibnu Alaudin, D. (2022). PENGGUNAAN CANVA SEBAGAI INFOGRAFIS BAGI GURU-GURU DI SMK YAPINUH WILAYAH DESA PANTAI SEDERHANA KECAMATAN MUARA GEMBONG KABUPATEN BEKASI . Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), SNPPM2022P-83 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/33372