HABITUASI TEKNIK MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DARING UNTUK KELOMPOK GURU SMK DI DKI JAKARTA

  • ZE. Ferdi Fauzan Putra Pendidikan Teknik Informatika Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Vina Oktaviani Pendidikan Teknik Informatika Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
Keywords: instructional media, teachers group, online, variation

Abstract

Abstract

The purpose of this activity is to improve the understanding, mastery, and skills of SMK teachers in DKI Jakarta in developing creative media skills to support online learning. The methods used in this activity are presentations / lectures, exploration of sources, simulations, discussions, demonstrations, and presentations. Based on the activities that have been carried out, it can be concluded that there was an increase in the knowledge, understanding, and skills of the group of SMK teachers in DKI Jakarta by 78.75%. Therefore, this habituation activity has an impact in increasing the knowledge, understanding, and skills of the teacher group in making various online learning media.

 

Abstrak

Tujuan dari kegiatan habituasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, penguasaan, dan keterampilan para guru SMK di DKI Jakarta dalam mengembangkan skill media kreatif untuk mendukung pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pemaparan/ceramah, eksplorasi sumber, simulasi, diskusi, demonstrasi, dan presentasi. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan maka bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kelompok guru SMK di DKI Jakarta sebesar 78,75%. Oleh karena itu kegiatan habituasi ini memberikan dampak dalam menambah pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kelompok guru dalam membuat media pembelajaran daring yang bervariasi.

Published
2021-12-20
How to Cite
Putra, Z. F. F., & Oktaviani, V. (2021). HABITUASI TEKNIK MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DARING UNTUK KELOMPOK GURU SMK DI DKI JAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), SNPPM2021P -147 . Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25588