THE IMPLEMENTATION OF TASK-BASED LEARNING METHOD TO IMPROVE GERMAN LANGUAGE SPEAKING SKILLS
DOI:
https://doi.org/10.21009/bahtera.202.04Keywords:
Bahasa Jerman, Keterampilan Berbicara, Penelitian Tindakan, Metode Pembelajaran Berbasis TugasAbstract
Artikel ini menjelaskan penerapan metode pembelajaran berbasis tugas untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman pada siswa kelas X MIPA 1 semester satu tahun ajaran 2019/2020 di SMA Negeri 1 Baros. Subjek dipilih peneliti secara purposif disesuaikan dengan tujuan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jerman. Model tindakan yang digunakan adalah model dari Kemmis & Mc Taggart yang menjelaskan satu siklus pembelajaran terdiri dari:1) perencanaan 2). Tindakan 3). Observasi dan 4) refleksi. Metode pengumpulan data berupa lembar pengamatan, dan unjuk kerja keterampilan berbicara. Pada analisis data kualitatif, penulis melakukan pencatatan, mengumpulkan, memilah, mengklasifikasikan, mensintesis dan membuat kesimpulan. Analisis data dengan statistika deskriptif disajikan dalam bentuk tabel atau grafik untuk mengetahui signifikasi perbedaan antara nilai keterampilan berbicara bahasa Jerman sebelum dan sesudah tindakan dilakukan,. Hasil penelitian pada tahap pra-tindakan menggambarkan capaian belajar siswa 72% tidak tuntas, dan hanya 28% memperoleh skor tuntas. Tahap siklus 1 mendeskripsikan adanya peningkatan yakni 47% siswa tidak tuntas, dan 53% tuntas. Pada siklus 2 terjadi peningkatan yang jauh lebih baik yakni 86% tuntas, dan 14% tidak tuntas. Nilai ketuntasan siswa yang mencapai 86% menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis tugas dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara bahasa Jerman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License & Copyright
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.