HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN PENALARAN ILMIAH DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA

Authors

  • Oktavia Nurmawaty Sigiro
  • Diana Vivanti Sigit
  • Ratna Komala

DOI:

https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-2.4

Keywords:

Efikasi Diri, Hasil Belajar, Penalaran Ilmiah

Abstract

Efikasi diri dan penalaran ilmiah merupakan faktor internal dalam diri siswa yang memiliki peran penting untuk hasil belajar siswa. Siswa dengan efikasi diri dan penalaran ilmiah yang tinggi akan mencapai hasil belajar yang tinggi dan begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar, hubungan penalaran ilmiah dengan hasil belajar, serta hubungan efikasi diri dan penalaran ilmiah secara bersama-sama dengan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 85 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 22 Jakarta. Hasil penelitian yang diperoleh dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar siswa (r = 0,742), 2) terdapat hubungan penalaran ilmiah dengan hasil (r = 0,648), dan terdapat hubungan antara efikasi diri dan penalaran ilmiah secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa (r = 0,749).

Published

2017-12-18

How to Cite

Sigiro, O. N., Sigit, D. V., & Komala, R. (2017). HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN PENALARAN ILMIAH DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 30–34. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-2.4