PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA SMA/MA KELAS XII SUBKONSEP KULTUR IN VITRO
DOI:
https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.5Keywords:
CTL (contextual teaching and learning), kultur in vitro, pengembangan lembar kerja siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS (lembar kerja siswa) berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) sebagai bahan ajar siswa SMA/MA kelas XII subkonsep teknik kultur in vitro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 3D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Lembar kerja siswa teknik kultur in vitro berbasis CTL ini dikembangkan berdasarkan penelitian pendahuluan terkait pengamatan pertumbuhan tanaman cocor bebek terhadap berbagai media kultur alternatif, yang dijadikan konten (isi) LKS, serta menerapkan tujuh komponen CTL yaitu constructivisme, inquiry, questioning, learning community, modelling, reflection, dan authentic assesment yang digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket penilaian untuk uji kelayakan LKS. Instrumen penilaian LKS menggunakan skala penilaian 1 sampai 5 yang didalamnya terdapat 8 kriteria. Uji kualitas LKS dilakukan oleh 2 orang dosen jurusan Pendidikan Biologi Untirta dan 3 orang guru Biologi SMA. Berdasarkan hasil uji kelayakan LKS berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) sebagai bahan ajar siswa SMA/MA kelas XII subkonsep kultur in vitro memperoleh nilai rata-rata 4,3 (skala likert) yang termasuk kedalam katagori sangat layak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi (Biosferjpb) and Departement of Biology Education, Universitas Negeri Jakarta as publisher of the journal.