Pengaruh Cyber Public Relations Pemerintah Terkait COVID-19 Terhadap Sikap Masyarakat Kota Bogor

Authors

  • Roni Jayawinangun Universitas Pakuan
  • Lulu Nuraniah Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIB Universitas Pakuan
  • Firstnila Puteri Alamsyah Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIB Universitas Pakuan
  • Zefanya Ka Toda Watu Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIB Universitas Pakuan
  • Miftahudin Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIB Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.022.07

Keywords:

Cyber Public Relation Pemerintah

Abstract

ABSTRACT

The Indonesian government has established a disaster emergency status related to the COVID-19 pandemic, through cyber public relations the government is trying to provide correct information so that this pandemic can be handled properly together with the community. The aims of this study are 1) to determine the exposure of the people of Bogor City to cyber public relations related to COVID-19, 2) to determine the attitude of the people of Bogor City to the Government's cyber public relations related to COVID-19 based on Generation and 3) to analyze the influence of cyber public relations related to COVID-19 19 on the attitude of the people of Bogor City. This research was conducted in Bogor City using empirical research methods with a quantitative approach using the virtual+ method (a combination of online and offline surveys). A total of 150 people were selected as research samples using quota sampling, which are part of Generations X, Y and Z. Data analysis used descriptive statistics and Structural Equaltion models. The results showed that the website was the most accessed platform followed by Instagram. In terms of frequency, most of them access the media once. Public attitudes regarding government Cyber ​​Public Relations information are relatively the same for the three generations X, Y, Z. There is no significant influence between applications and social media on the use of government cyber public relations, only websites that have a significant effect on government cyber public relations related to COVID-19 19. In addition, there is a significant effect of the exposure of government cyber public relations on public attitudes, where government cyber public relations is formed by indicators of the duration and frequency of the website.

Keywords: Exposure; Government Cyber Public Relation; Public Attitude

 

 

ABSTRAK

Pemerintah Indonesia telah menetapkan status darurat bencana yang terkait dengan pandemic COVID-19, melalui cyber public relations pemerintah berusaha untuk memberikan informasi yang benar sehingga pandemic ini dapat diatasi dengan baik bersama dengan masyarakatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui keterdedahan masyarakat Kota Bogor terhadap cyber public relations terkait COVID-19, 2) mengetahui sikap masyarakat Kota Bogor terhadap cyber public relations Pemerintah terkait COVID-19 berdasarkan Generasi dan 3) menganalisis pengaruh cyber public relations terkait COVID-19 terhadap sikap masyarakat Kota Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bogor dengan menggunakan metode riset empirik dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode virtual+ (kombinasi antara survai daring dan luring). Sebanyak 150 orang dipilih sebagai sampel penelitian dengan menggunakan quota sampling yang merupakan bagian dari Generasi X, Y dan Z. Analisis data menggunakan statisitik deskriptif dan Structural Equaltion model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website adalah platform yang paling banyak diakses diikuti Instagram. Dilihat dari frekuensi, sebagian besar mengakses media tersebut sebanyak satu kali. Sikap masyarakat terkait informasi Cyber Public Relations pemerintah relatif sama terhadap ketiga generasi X, Y, Z. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara aplikasi dan media sosial terhadap penggunaan cyber public relations pemerintah, hanya website yang berpengaruh secara signifikan terhadap cyber public relations pemerintah terkait COVID-19.  Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan terdapat keterdedahan cyber public relations pemerintah terhadap sikap masyarakat, dimana cyber public relations pemerintah dibentuk oleh indikator durasi dan frekuensi website

Kata Kunci: Cyber Public Relation Pemerintah; Keterdedahan; Sikap Masyarakat

Author Biographies

Lulu Nuraniah, Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIB Universitas Pakuan

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIB Universitas Pakuan

Firstnila Puteri Alamsyah, Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIB Universitas Pakuan

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIB Universitas Pakuan

Zefanya Ka Toda Watu, Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIB Universitas Pakuan

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIB Universitas Pakuan

Miftahudin, Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIB Universitas Pakuan

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIB Universitas Pakuan

References

Alvernia, P., Wekas, B. J., & Acelian, R. M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Untuk Meningkatkan Niat Beli Konsumen. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 267–287. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.020.010
Anggrahini, M. D., Rochayanti, C., & Sosiawan, E. A. (2014). Peran Humas Pemerintah Kabupaten Sragen Dalam Pengelolaan Isi Informasi Website Pemda Sebagai Media Communications Relations Dengan Masyarakat. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 145–152. https://doi.org/10.31315/jik.v6i2.53
Aprinta, E. B. G. (2016). Strategi Cyber Public Relations dalam Pembentukan Citra Institusi Pendidikan Tinggi Swasta. Jurnal The Messenger, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.26623/themessenger.v6i1.161
Barrera Verdugo, G., & Villarroel Villarroel, A. (2021). Measuring the association between students’ exposure to social media and their valuation of sustainability in entrepreneurship. Heliyon, 7(6), e07272. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07272
BBC News. (2021). Ahli khawatir ada “bom waktu Covid-19” di Indonesia dalam beberapa pekan mendatang. BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-57459555
Belmawa, K. (2021). Buku Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa 2021.
Bempah, R. T. (2021). Kota Bogor Kembali Zona Merah Covid-19, Wali Kota: Sistem Lemah dan Warga Mulai Abai. https://megapolitan.kompas.com/read/2021/02/03/21105791/kota-bogor-kembali-zona-merah-covid-19-wali-kota-sistem-lemah-dan-warga?page=all
BPS Kota Bogor. (2021). Kota Bogor Dalam Angka (Bogor Municipality in Figures) 2021 (p. 216) [Online]. BPS Kota Bogor. https://bogorkota.bps.go.id/
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Universitas Diponegoro.
Gifford, J. (2010). Digital Public Relations: E-Marketing’s Big Secret. Continuing Higher Education Review, 74, 62–72.
Gracia, D. B., & Casaló Ariño, L. V. (2015). Rebuilding public trust in government administrations through e-government actions. Revista Española de Investigación de Marketing ESIC, 19(1), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.reimke.2014.07.001
Islam, M. S., Sarkar, T., Khan, S. H., Kamal, A. H. M., Murshid Hasan, S. M., Kabir, A., Yeasmin, D., Islam, M. A., Chowdhury, K. I. A., Anwar, K. S., Chughtai, A. A., & Seale, H. (2020). COVID-19-Related infodemic and its impact on public health: A global social media analysis. American Journal of Tropical Medicine and Hygiene, 103(4), 1621–1629. https://doi.org/10.4269/ajtmh.20-0812
Pasquier, M., & Villeneuve, J. (2018). Marketing Management and Communications in the Public Sector (2nd ed.). Routledge.
Persada, S. (2021, June 29). Kasus Covid Meledak, IDI Catat Kematian Dokter Meningkat Tajam Pada Juni 2021. Tempo. https://nasional.tempo.co/read/1477624/kasus-covid-meledak-idi-catat-kematian-dokter-meningkat-tajam-pada-juni-2021
Sembiring, E. E., & Meo, M. L. N. (2020). Pengetahuan dan Sikap Berhubungan dengan Resiko Tertular Covid-19 pada Masyarakat Sulawesi Utara. NERS: Jurnal Keperawatan, 16(2), 75–82.
Sherman, S. M., Smith, L. E., Sim, J., Amlôt, R., Cutts, M., Dasch, H., Rubin, G. J., & Sevdalis, N. (2021). COVID-19 vaccination intention in the UK: Results from the COVID-19 vaccination acceptability study (CoVAccS), a nationally representative cross-sectional survey. Human Vaccines & Immunotherapeutics, 17(6), 1612–1621. https://doi.org/10.1080/21645515.2020.1846397
Utami, L. D. (2021, March 23). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara. Perpustakaan Amir Machmud. https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661
Yas, H., Jusoh, A., Streimikiene, D., Mardani, A., Nor, K. M., Alatawi, A., & Umarlebbe, J. H. (2021). The Negative Role of Social Media During the COVID-19 Outbreak. International Journal of Sustainable Development and Planning, 16(2), 219–228. https://doi.org/10.18280/ijsdp.160202
Zunita, P. (2020). Kominfo Temukan 1.197 Hoax Terkait Isu Corona di Medsos. Detiknews.Com. https://news.detik.com/berita/d-5218475/kominfo-temukan-1197-hoax-terkait-isu-corona-di-medsos?_ga=2.167249533.276282287.1615000752-2104322204.1611994511

Downloads

Published

2021-12-23

How to Cite

Jayawinangun, R., Nuraniah, L., Alamsyah, F. P., Ka Toda Watu, Z., & Miftahudin. (2021). Pengaruh Cyber Public Relations Pemerintah Terkait COVID-19 Terhadap Sikap Masyarakat Kota Bogor. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 247–260. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.022.07