Peran Aplikasi Tiktok Dalam Mengedukasi Bahasa Isyarat Melalui Komunikasi Formal Informal Dan Simbolik
DOI:
https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.031.06Keywords:
bahasa isyarat, komunikasi formal, komunikasi informal, komunikasi simbolik, peran media sosialAbstract
Aplikasi TikTok mengalami peningkatan jumlah pengguna aktif di Indonesia dari tahun 2020 setelah adanya pandemi. Hal ini menjadikan aplikasi TikTok sebagai media alternatif masyarakat untuk memperoleh hiburan dan dimanfaatkan sebagai media bagi para pengajar dalam memberikan edukasi. Rezki Achyana merupakan salah satu pengajar Bahasa Isyarat yang memanfaatkan media sosial TikTok sebagai wadah untuk mengedukasi dengan akun @rezkiachyana. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
Peran Media Sosial Tiktok Akun Rezki Achyana dalam Mengedukasi Bahasa Isyarat Bersama Teman Tuli. Pada penelitian ini menggunakan pola komunikasi formal, informal dan simbolik dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan alat pengambilan data melalui wawancara online. Sumber penelitian ini dengan mengambil 5 orang informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun key informan yaitu narasumber teman tuli pada akun TikTok Rezki Achyana dan Juru Bahasa Isyarat selaku teman dengar. Teori yang digunakan yaitu Teori Persamaan Media dan Teori Determinisme Teknologi. Hasil dari penelitian ini akun TikTok Rezki Achyana memiliki peran yaitu Pertama, media sosial TikTok Rezki Achyana dapat dijadikan sebagai media untuk menyalurkan informasi tentang Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) kepada semua pengguna TikTok. Kedua, sebagai media memperkenalkan budaya tuli. Ketiga, sebagai media promosi kelas Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) yang diadakan oleh Para Kerja. Keempat, menjadikan media untuk mencurahkan isi hati. Kelima, sebagai media untuk bersosialisasi bagi teman tuli dan teman dengar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY