Peran Aplikasi Tiktok Dalam Mengedukasi Bahasa Isyarat Melalui Komunikasi Formal Informal Dan Simbolik

Authors

  • Norma Dian Faradilla Universitas Gunadarma
  • Detty Purnamasari Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.031.06

Keywords:

bahasa isyarat, komunikasi formal, komunikasi informal, komunikasi simbolik, peran media sosial

Abstract

Aplikasi TikTok mengalami peningkatan jumlah pengguna aktif di Indonesia dari tahun 2020 setelah adanya pandemi. Hal ini menjadikan aplikasi TikTok sebagai media alternatif masyarakat untuk memperoleh hiburan dan dimanfaatkan sebagai media bagi para pengajar dalam memberikan edukasi. Rezki Achyana merupakan salah satu pengajar Bahasa Isyarat yang memanfaatkan media sosial TikTok sebagai wadah untuk mengedukasi dengan akun @rezkiachyana. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui

 

Peran Media Sosial Tiktok Akun Rezki Achyana dalam Mengedukasi Bahasa Isyarat Bersama Teman Tuli. Pada penelitian ini menggunakan pola komunikasi formal, informal dan simbolik dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan alat pengambilan data melalui wawancara online. Sumber penelitian ini dengan mengambil 5 orang informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun key informan yaitu narasumber teman tuli pada akun TikTok Rezki Achyana dan Juru Bahasa Isyarat selaku teman dengar. Teori yang digunakan yaitu Teori Persamaan Media dan Teori Determinisme Teknologi. Hasil dari penelitian ini akun TikTok Rezki Achyana memiliki peran yaitu Pertama, media sosial TikTok Rezki Achyana dapat dijadikan sebagai media untuk menyalurkan informasi tentang Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) kepada semua pengguna TikTok. Kedua, sebagai media memperkenalkan budaya tuli. Ketiga, sebagai media promosi kelas Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) yang diadakan oleh Para Kerja. Keempat, menjadikan media untuk mencurahkan isi hati. Kelima, sebagai media untuk bersosialisasi bagi teman tuli dan teman dengar.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Dian Faradilla, N., & Purnamasari, D. (2023). Peran Aplikasi Tiktok Dalam Mengedukasi Bahasa Isyarat Melalui Komunikasi Formal Informal Dan Simbolik. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 81–97. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.031.06