Kompetensi Komunikasi Pemandu sebagai Komunikator dalam Konteks Komunikasi Pariwisata di Klenteng Sam Poo Kong
DOI:
https://doi.org/10.21009/COMM.1102.07Keywords:
Communication, Competence, Tour GuideAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi peran pemandu wisata dan kompetensi yang dimilikinya sebagai penyampai informasi yang acap kali kurang dioptimalisasikan oleh wisatawan. Penelitian ini melakukan studi terkait kompetensi komunikasi pemandu wisata yang ada di Klenteng Sam Poo Kong Kota Semarang. Semarang adalah Kota yang tengah gencar memasarkan destinasi wisata berbasis peninggalan wisata warisan dengan keragam budaya masyarakatnya, salah satunya adanya Klenteng Sam Poo Kong. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana kemampuan pemandu wisata dilihat dalam konteks kompetensi komunikasi dalam penyampaian informasi kepada pengunjung terkait penceritaan nilai-nilai sejarah dan budaya destinasi wisata di klenteng Sam Poo Kong Semarang. Teori komunikasi yang digunakan adalah Theory of Communication Competence dari Brian Spitzberg and William Cupach yang mengatakan bahwa kompetensi komunikasi adalah kemampuan seseorang sebagai komunikator dalam berkomunikasi serta melakukan adaptasi berbagai situasi sesuai norma yang berlaku. Metode penelitian secara kualitatif dengan sumber data primer pemandu wisata Klenteng Sam Poo Kong Semarang. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat hubungan terkait penceritaan serta pemberian informasi yang dilakukan oleh pemandu wisata kepada pengunjung dengan kompetensi komunikasi yang dimiliki oleh pemandu wisata tersebut.
Kata Kunci: Kompetensi, Komunikasi, Pemandu Wisata
References
Badan Otorita Borobudur. (2021). Mengenal Lebih Jauh Objek Wisata Religi Klenteng Sam Poo Kong, Semarang.
Disporapar Provinsi Jawa Tengah. (2023). Klenteng Sam Poo Kong. https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/destinasi-wisata/klenteng-sam-poo-kong
Hasanah, E. P. (2022). Partisipasi Tionghoa Non-Muslim Dalam Kegiatan Di Masjid Cheng Ho Surabaya. Communications, 4(1), 77–93. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communications/article/view/25119
Jurnalistik, U. (2022). Teori Komunikasi, Komunikasi Persuasif, Kredibilitas Sumber Menurut Para Ahli - Universitas Jurnalistik. In https://Www.Universitasjurnalistik.Com/. https://www.universitasjurnalistik.com/2020/11/teori-komunikasi-persuasif-kredibilitas-sumber.html
Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2017). Theories of Human Communication 11th Edition. Waveland Press, Inc.
Mukaromah, & Umaroh, L. (2022). Komunikasi Penceritaan Destinasi Wisata Kota Lama Semarang Oleh Pemandu Wisata sebagai Upaya Branding. 8(2), 19–28.
Murniarti, E. (2019). Bahan Ajar Komunikator, Pesan, Media/ Saluran, Komunikan, Efek/Hasil dan Umpan Balik. Fkip Uki, 1–44. http://repository.uki.ac.id/2909/1/BahanAjar52019.pdf
Murtadha Isnan, I. D., & Lokaprasidha, P. (2020). Perubahan Motif Wisata Pada Era Industri 4.0 (Studi Kasus: Sam Poo Kong Temple, Semarang). Journal of Tourism and Creativity, 4(1), 21–30.
Pramistiyani, A., & Oktaviani, F. (2022). Kompetensi Komunikasi Pengguna Aplikasi Tinder Sebagai Media Pencari Jodoh di Masa Pandemic. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 154–168.
Radar Semarang. (2020). Pengunjung Sam Poo Kong Masih Didominasi Wisatawan Semarang.
Sari, N. I., Wajdi, F., & Narulita, S. (2018). Peningkatan Spiritualitas melalui Wisata Religi di Makam Keramat Kwitang Jakarta. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 14(1), 44–58. https://doi.org/10.21009/jsq.014.1.04
Sidki, P. F. (2012). Perjuangan Indonesia Melawan Jepang Dalam Pertempuran Lima Hari Di Semarang ( 15 - 19 Oktober 1945 ).
Supriadi, B. (2016). Kompetensi Pendampingan Pemandu Wisata Lokal Sebagai Developers of People. Jurnal Pariwisata Pesona, 1(2), 72–86. https://doi.org/10.26905/jpp.v1i2.517
Tiya. (2021). Jejak Historis Pelabuhan Semarang dan Peran Penting dalam Lintasan Jalur Rempah. Kemendikbud. https://jalurrempah.kemdikbud.go.id/artikel/jejak-historis-pelabuhan-semarang-dan-peran-penting-dalam-lintasan-jalur-rempah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY