Strategi Komunikasi Internal Kelompok Usaha Pengelolaan Sampah Desa Panggungharjo Bantul Dalam Meningkatkan Motivasi Karyawan

Authors

  • SUSIANA SAFITRI UPN "Veteran" Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009.COMM.033.04

Abstract

ABSTRACT
In 2023, based on data obtained from BAPPEDA for the Special Region of Yogyakarta, the
volume of waste in DIY will reach 780 tons. Responding to this problem, the Yogyakarta region
began to establish TPS-3R reduce, reuse, and recycle as a step in minimizing the increasingly
severe surge, namely one of the TPS-3R located in Bantul Regency, Panggungharjo Village,
Bantul , Yogyakarta Special Region, namely KUPAS Panggungharjo belonging to BUMDes
Panggung Lestari which is now one of the TPS-3R standard pilot models. Based on this data, the
issue of waste management has been assessed as a serious matter so as not to cause new problems.
KUPAS Panggungharjo as a group of business units operating in the field of waste management
services, has 51 employees. However, based on the research results, internal communication
problems were found. This research uses a qualitative method with a phenomenological study
approach. Data collection was carried out through interviews with three respondents,
observation, and a literature study. The results of the research prove that the design of an internal
communication strategy is only based on brief observations, which causes the internal
communication program to not run optimally, and employees also lack enthusiasm for
participating because the program is considered not to have much of an impact. Based on its
dimensions, vertical and diagonal internal communication is considered weak and has no
influence, however, horizontal communication has a positive influence on employee motivation
at work. Thus, the researcher proposed a KUPAS Panggungharjo internal communication
strategy model that was prepared based on a SWOT analysis strategy, specifying the role of
communications and defining communications objectives, programming and planning
communication tactics, and organization arrangement, which resulted in nine KUPAS
Panggungharjo internal communication program references.
Keywords: Communication Strategy Model; Internal Communication; Motivation; Village
Business Groups

ABSTRAK

Pada Tahun 2023 berdasarkan data yang didapatkan dari BAPPEDA Daerah Istimewa
Yogyakarta jumlah volume sampah di DIY telah mencapai 780 ton. Merespon permasalahan
tersebut, wilayah Yogyakarta mulai mendirikan TPS-3R reduce (mengurangi), reuse
(menggunakan ulang), recycle (mendaur ulang) sebagai langkah dalam meminimalisir lonjakan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu KUPAS Panggungharjo milik BUMDes Panggung
Lestari yang kini menjadi salah satu model percontohan standar TPS-3R. Berdasarkan data
tersebut maka isu pengelolaan sampah telah dinilai menjadi hal yang serius agar tidak
menimbulkan permasalahan baru. KUPAS Panggungharjo sebagai kelompok unit usaha yang
bergerak pada bidang pengelolaan jasa sampah memiliki karyawan sejumlah 51 orang. Namun
berdasarkan hasil penelitian ditemukan permasalahan komunikasi internal yang terjadi. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara
kepada tiga responden, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian membuktikan bahwa
perancangan strategi komunikasi internal hanya didasarkan observasi singkat sehingga
menyebabkan program komunikasi internal kurang berjalan secara maksimal dan juga karyawan
kurang memiliki antusiasme yang tinggi dalam berpartisipasi dikarenakan program dinilai tidak
terlalu memberikan dampak. Berdasarkan dimensinya, komunikasi internal vertical dan diagonal
dinilai lemah dan tidak memberikan pengaruh namun komunikasi dimensi horizontal memberikan
pengaruh positif dalam motivasi karyawan dalam bekerja. Dengan demikian peneliti mengajukan
model strategi komunikasi internal KUPAS Panggungharjo yang disusun berdasarkan strategi
analisis SWOT, specifying the role of communications and defining communications objective,
programming and planning communication tactic, dan organization arrangement yang
menghasilkan sembilan referensi program komunikasi internal KUPAS Panggungharjo.
Kata Kunci: Kelompok Usaha Desa; Komunikasi Internal; Motivasi; Model Strategi Komunikasi 

References

Anggraeni MRRS. 2016. Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pada Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan Studi Pada BUMDes di Gunung Kidul, Yogyakarta. Jurnal Modus. 28(2): 155-167.

Argenti PA. 2013. Corporate Communication. Singapore: McGraw-Hill International Edition.

Astuti, S. H., Dalinur, Darmawan C. 2019. Strategi Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Etos Kerja Pegawai Kantor Camat Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Komunikasi Islam 3 (1): 23-25.

Bedarkar, Madhura & Pandita, Deepika. 2014. A study on the drivers of employee engagement impacting employee performance. Proceida.133 (2014) 106-115.

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta. Rajawali Pers.

Chihocky, Janet dan Bullard, Melissa. (2009). How Strategical Internal Communications Can Positively Affect Your Business. White Paper JANSON Communication, 1-9.

Cornelissen, Joep. (2005). Corporate Communication. London: SAGE Publication Ltd

_____________. 2014. Edisi Kedua Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Rajawali Pers.

_____________. 2017. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta. PT.Raja Grafindo Persada.

Effendy,. Onong Uchjana. 2005. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Iskandar, Dedy. Strategi Komunikasi Organisasi dalam Membangun Loyalitas Kerja Pegawai. Communication Journal. 4(1). (2021: 31-42).

Jeremia Engelita Wakas., Berdinata Massang., Juanda Manullang. 2021. Strategi Komunikasi Internal dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar GMIM IV Tomohon di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen Vol.1,No.2,2021,hal. 63-72.

Jihan Childnidy Widodo.,Salman. 2022. Pengaruh Komunikasi Internal Terhadap Motivasi Kerja Pegawai. Jurnal Bisnis dan Komunikasi, Vol. 10 No 2 88 - 98.

Kusuma Satria., Aida Vitayala S Hubeis., SarwoprasodjoS., Basita Ginting,. Risyart A Far Far. 2022. Communication Performance Development of Social Entrepreneurship Capacity at Bumdes Panggung Lestari Panggungharjo Village of Bantul City. Jurnal Penyuluhan Vol.18 (02) 202.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi,Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Littlejohn, W, Stephen & Foss A, Karen. 2022. Teori Komunikasi (Theories of Human Communications). Jakarta : Salemba Humanika.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2008. Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta. Kencana.

Muslih B., 2020, Urgensi Komunikasi Dalam Menumbuhkan Motivasi di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), Vol. 5, No. 1, hh.57-65.

Rahmi VA, Fathoni MZ, Ismanto H. 2020. Pendekatan Bisnis BUMDes Berkemajuan di Kondisi Wabah Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Entrepreneurship. 3(2):90-98.

Ruliana, Poppy. et al. 2018. Internal Communication Role in Improving Performance of Employees Hotel: Descriptive Study at Employees Sari Ater Hotel & Resort in Ciater, Subang Regency, West Java Province. International Journal of Engineering & Technology, 7 (3.30) (2018) 259-261.

Rusnawati. Strategi Komunikasi Kepemimpinan dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Pegawai pada Dinas Perhubungan Gayo Lues. Jurnal Al Ijtimaiah. 6(2). Juli-Desember (2020: 89-110).

Sugiyono, P. 2013. Metodologi penelitian kombinasi (Mixed Method). Alfabeta, Bandung

_____________. 2021. Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung. Alfabeta

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

SAFITRI, S. (2024). Strategi Komunikasi Internal Kelompok Usaha Pengelolaan Sampah Desa Panggungharjo Bantul Dalam Meningkatkan Motivasi Karyawan . Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 224–243. https://doi.org/10.21009.COMM.033.04