ANALISIS SWOT PRODI DIII HUMAS FIS UNJ

Authors

  • Dini Safitri

DOI:

https://doi.org/10.21009/communicology.021.02

Abstract

Abstract

Prodi D3 Public Relations FIS UNJ standing since June 3, 2005, by Decree No.1846 / D / T2005. In the development of these courses has been developed into a favorite Prodi, but a number of studies need to be done to get accurate data that Prodi DIII FIS PR UNJ some of the authors are interested kelebihan.Untuk perform a SWOT analysis. The results showed that the S or the strength of the study program is to produce qualified graduates, have a qualified lecturer, low cost, study programs of public universities have a good name. W or weakness of the study program is accredited C and inadequate facilities. O or opportunities are expanding relations department of street vendors as graduates opportunities to work anyway. T or threat Prodi is a demand immediately improve lectures, use of introductory English, open S1, not to compete with PTN / PTS other more favorites.


Keywords: SWOT Analysis, Prodi DIII Public Relations UNJ

 

Abstrak

Terkadang mahasiswa menemui banyak kendala dan beragam baik akademis maupun masalah pribadi yang dapat mengganggu proses belajar mahasiswa dan akan menentukan tercapai tidaknya hasil pengembangan potensi dan hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu, diperlukanlah peran dosen penasehat akademik untuk memberikan bimbingan, motivasi serta nasehat yang bersifat akademik kepada mahasiswa. Dari sudut pandang ilmu komunikasi, agar proses kepenasehatan akademik berjalan sebagaimana mestinya maka diperlukan sebuah pola komunikasi yang efektif dan efisien antara dosen penasehat akademik dan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi antar pribadi yang efektif menurut ancangan humanistic dengan keterbukaan, empati, sikap positif, sikap mendukung dan kesetaraan. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menentukan key informan dan informan sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Pola komunikasi antar pribadi dengan menggunakan ancangan humanistis belum dilaksanakan secara optimal, keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan pada dasarnya sudah dilakukan namun masih dalam tataran permasalahan akademis saja. Berdasarkan temuan tersebut penulis menyarankan agar komunikasi antar pribadi dilakukan lebih intensif, tidak hanya pada permasalahan akademis dan jemput bola perlu dilakukan oleh dosen PA terhadap mahasiswa.

Kata kunci : Pola Komunikasi Antar Pribadi yang Efektif, Dosen PA, Masalah mahasiswa

Downloads

Published

2014-12-30

How to Cite

Safitri, D. (2014). ANALISIS SWOT PRODI DIII HUMAS FIS UNJ. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 21–37. https://doi.org/10.21009/communicology.021.02