Komodifikasi Penderitaan dalam Film Surat kecil Untuk Tuhan

  • Zakina Zakina

Abstract

Industri hiburan dan beragam media telah banyak menampilkan tentang penderitaan orang lain yang diangkat ke permukaan sebagai sisi humanis dan bertujuan untuk menggugah emosi dan perasaan yang melihatnya bahkan sampai ditindaklanjuti dengan tindakan tertentu. Contoh, potret pengemis di jalanan, lukisan ibu-ibu tua yang berdagang dipasar kumuh, wanita pekerja yang sedang menggendong buah hatinya dan seterusnya. Kemiskinan dan potret sosial lainnya pastinya selalu bisa menggetarkan hati sanubari penikmatnya dalam beragam tindakan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Makalah ini menyoal “Bagaimana Representasi dan Komodifikasi Penderitaan dalam Film Surat Kecil Untuk Tuhan?â€. Dengan bahasan meliputi: analisis struktur naratif Film Surat Kecil Untuk Tuhan; representasi dan komodifikasi penderitaan dalam Film Surat kecil Untuk Tuhan; dan kaitan Film Surat Kecil Untuk Tuhan dengan industri budaya sebagai media pembentukan citra?

Kesimpulannya, realitas yang dikemas sebagai produk hiburan dalam industri budaya dapat dijadikan media pembelajaran. Dengan refresentasi dan komodikasi penderitaan di sisi lain realitas itu sendiri dengan maksud agar penonton juga dapat sama-sama memetik hikmah atas pengalaman hidup yang dialami para tokohnya.

Kata Kunci: Representasi, Komodifikasi, Film, Industri Budaya, dan Citra.

Published
2016-12-30
How to Cite
Zakina, Z. (2016). Komodifikasi Penderitaan dalam Film Surat kecil Untuk Tuhan. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 74-93. https://doi.org/10.21009/communicology.041.05