MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN RENANG GAYA BEBAS (TriAs) UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21009/GJIK.101.06Keywords:
Model, Skill, Swimming, Free styleAbstract
Tujuan penelitian dan pengembangan model keterampilan renang gaya bebas (crawl) untuk anak usia Sekolah Dasar. Selain itu, penelitian dan pengembangan dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang pengembangan dan penerapan model pembelajaran dan mengetahui efektifitas, efisiensi model yang dibuat. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian pengembangan research and development (RnD) dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa Sekolah Dasar kecamatan metro lampung. Uji efektifitas model menggunakan instrumen tes ketermpilan gaya bebas (crawl) untuk mengumpulkan data kemampuan renang siswa Sekolah Dasar. Analisis data penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Analisis data diperoleh nilai rata-rata efektif data keterampilan renang pretest: 44,63 post test: 71,28 dengan nilai signifikansi dari keterampilan yaitu: keterampilan renang gaya bebas dengna t-hitung = -79,88, Df=39 dan P- value = 0,00 < 0,05. Dengan taraf signifikansi 0,05 maka h0 ditolak. Berdasarkan keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran keterampilan renang gaya bebas (crawl) untuk usia SD yang dikembangkan dapat diterapkan secara efektif dan eisien sehingga dapat meningkatkan keterampilan renang gaya bebas.