Upaya Peningkatan Hasil Belajar Javeline Pass Bola Tangan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 13 Kota Bekasi
Keywords:
Bola tangan, javeline pass, audio visualAbstract
Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan tentang javeline pass bola tangan menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII SMPN 13 Kota Bekasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (classroom action research) yang bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan, dan terjadi dalam suatu kelas. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa distribusi tes awal diatas terlihat bahwa nilai yang diraih siswa pada tes awal sebagian besar dalam rentan 41-59 sebesar 3 siswa atau 9,37% dari jumlah siswa.siswa yang belum memenuhi ketuntasan 22 siswa. Data tes awal diperoleh frekuensi terbesar pada data interval tersebut ialah pada interval 19-20 dan 21-22 dengan jumlah frekuensi yang sama yaitu 8, kemudian presentase 40% dan frekuensi terkecil terdapat pada interval 23-24 dengan presentase 0. Siklus 1 frekuensi terbesar yang diperoleh siswa dengan rentang nilai 71-80 dengan presentase 37,5 dan frekuensi tertinggi pada rentang 81-90 dengan presentase 31,25. Dalam tabel diatas masih banyak siswa yang memiliki dealam rentang 51-60 dan 61-70 dapat dikatakan masih terdapat siswa yang nilainya masih dibawah kkm sejumlah 22 siswa (15, 25%). Siklus 2 frekuensi terbesar yang diperoleh siswa dengan rentang 81-90% dengan ppresentase 59,37% dan frekuensi tertinggi pada rentang 91-100 dengan presentase 3,12%. Dalam tabel diatas banyak siswa yang memiliki nilai sama denga kkm sejumlah 10 siswa (31,25%). Dengan demikian dapat disimpulkan untuk hasil belajar kemampuan siswa melakukan gerakan javeline pass terdapat peningkatan dari jumlah siswa yang belum tuntas 22 siswa sampai seluruh siswa tuntas semua dengan jumlah siswa 32.