MODEL LATIHAN PASSING FUTSAL UNTUK PUTRI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.21009/GJIK.112.09Keywords:
Model, Training, Passing, FutsalAbstract
MODEL LATIHAN PASSING FUTSAL UNTUK PUTRI
TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS
Arjun Fetru1 Firmasyah Dlis2 Sri Nuraini3
1Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta,
Komplek Universitas Negeri Jakarta Gedung M. Hatta Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur, Indonesia 13220
2Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta,
Komplek Universitas Negeri Jakarta Gedung M. Hatta Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur, Indonesia 13220
3Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta,
Komplek Universitas Negeri Jakarta Gedung M. Hatta Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur, Indonesia 13220
Email: Arjunfetru83@gmail.com
Abstrak
Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan model latihan passing futsal untuk putri tingkat SMA. Pendekatan penelitian pengembangan model latihan ini menggunakan model Research and Development dari Borg and Gall. Subyek dari penelitian dan pengembangan ini ialah diperuntukan untuk putri tingkat SMA. Analisis data diperoleh 18 item model latihan yang layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan passing futsal. Dalam uji signifikansi didapat dari nilai proses (kesesuaian gerak) menunjukan mean= 2.133 selisih dari hasil pre-test dan hasil post-test, hasil t-hitung= 7.899 df= 29 dan p-value= 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model latihan passing futsal untuk putri tingkat SMA dan penilaian hasil passing mean= 17.367 menunjukan selisih hasil pre-test dan post-test, hasil t-hitung= 86,626 df= 29 dan p-value= 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model latihan passing untuk putri tingkat SMA. Dari kedua penilaian tersebut menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan itel model latihan dan secara efektif dapat meningkatkan keterampilan passing futsal.
Kata Kunci: Model, Latihan, Passing Futsal
Abstract
The purpose of this study is to develop a futsal passing training model for high school girls. The research approach to developing this exercise model uses the Research and Development model from Borg and Gall. The subjects of this research and development are intended for high school girls. Data analysis obtained 18 items of training models that are feasible and effective to improve futsal passing skills. In the significance test obtained from the process value (suitability of motion) shows the mean = 2,133 difference between the pre-test results and post-test results, the results of t-count = 7,899 df = 29 and p-value = 0,000 & lt; 0.05 which means that there is a significant difference between before and after the treatment of futsal passing training model for high school girls and the assessment of the results of the mean passing = 17,367 shows the difference between the pre-test and post-test results, the t-test results = 86,626 df = 29 and p -value = 0,000 & lt; 0.05 which means there is a significant difference between before and after being given a passing training model for high school girls. From the two assessments, there is a significant difference between before and after the treatment model exercise and can effectively improve futsal passing skills.
Keywords: Model, Training, Futsal Passing
Downloads
References
Coker, C. A., & Coker, C. A. (2018). Introduction to Motor Learning and Control. In Motor Learning and Control for Practitioners. https://doi.org/10.4324/9781315185613-1
Curtis, A. C. (2015). Journal of Adolescent an d Family Health: Defining Adolescence. Journal of Adolescent and Family Health. https://doi.org/http://scholar.utc.edu/jafh/vol7/iss2/2/
Gifford, C. (2011). Soccer players and skills. In Spotlight on soccer; Variation: Spotlight on soccer.
Goodway, J. D., Ozmun, J. C., & Gallahue, D. L. (2013). Motor development in young children. In Handbook of Research on the Education of Young Children. https://doi.org/10.4324/9780203841198
Irawan, A. (2009). Teknik Dasar Modern Futsal. In Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Justinus Lhaksana. (2011). Taktik & Strategi Futsal Modern. In Taktik dan Strategi Futsal Modern.
Luxbacher, J. A. (1988). Coaching Conduct: Winning at What Cost? Strategies. https://doi.org/10.1080/08924562.1988.10591604
Magill, R. A. (2003). Motor learning and control: Concepts and Applications. In Current biology.
MARDIYAH, M. (2016). KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA DALAM BERKOMUNIKASI DOSEN DAN MAHASISWA IAIN RADEN INTAN LAMPUNG. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.
Merita, M., Aisah, A., & Aulia, S. (2018). STATUS GIZI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN STATUS HIDRASI PADA REMAJA DI SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. https://doi.org/10.26553/jikm.v9i3.313
Mielke, D. (2007). Coaching Experience, Playing Experience and Coaching Tenure. International Journal of Sports Science & Coaching. https://doi.org/10.1260/174795407781394293
Mohammad Asrori. (2017). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara. hlm. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik.
Mulyatiningsih, E. (2018). Model-Model Penelitian Dan Pengembangan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.
Özdemir, A., Utkualp, N., & Pallos, A. (2016). Physical and psychosocial effects of the changes in adolescence period. International Journal of Caring Sciences.
Paramitasari, R., & Alfian, I. N. (2012). Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Memaafkan pada Remaja Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan.
Punaji Setyosari. (2010). Punaji Setyosari. 2010.Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta Kencana.
Rudyani, M. A., Astuti, I. T., & Susanto, H. (2018). Perbedaan Antara Program Full Day School Dan Reguler Terhadap Perkembangan Psikososial Siswa Smp Negeri Di Kecamatan Ngaliyan. Unissula Nursing Conference Call for Paper & National Conference. https://doi.org/10.26532/.V1I1.2896.G2105
Schmidt, R. A. (1991). Motor learning & performance: From principles to practice. In Motor learning & performance: From principles to practice.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Wulandari, S., & Ungsianik, T. (2013). Status Gizi, Aktivitas Fisik, dan Usia Menarche Remaja Putri. Jurnal Keperawatan Indonesia. https://doi.org/10.7454/jki.v16i1.20