Hubungan Gaya Kepemimpinan Pelatih dengan Prestasi Atlet Taekwondo
DOI:
https://doi.org/10.21009/GJIK.112.07Keywords:
Coach's Leadership Style, Achievement, Taekwondo AthletesAbstract
Permasalahan yang penulis ajukan pada penelitian ini mengenai gaya kepemimpinan pelatih yang merupakan salah satu dari sekian banyak faktor yang berhubungan dengan prestasi atlet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan pelatih dengan prestasi atlet taekwondo. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang gaya kepemimpinan yang digunakan pelatih dalam menangani atlet taekwondo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah atlet taekwondo peserta pertandingan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) V Banten tahun 2018 yang berjumlah 145 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 145 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya kepemimpinan pelatih dan data prestasi atlet yang diperoleh dari hasil pertandingan. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan pelatih dengan prestasi atlet taekwondo; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan authoritarian dengan prestasi atlet taekwondo; (3) terdapat hubungan positif namun tidak signifikan antara gaya kepemimpinan democratic, people-centered, dan task-oriented dengan prestasi atlet taekwondo
Downloads
References
Burns, Jasinski, et al. (2012). Athlete Identity and Athlete Satisfaction: The Nonconformity of Exclusivity. Journal Personality and Individual Differences, 52, 280-285.
Caliskan & Baydar. (2016). Satisfaction Scale For Athlete (SSA): A Study of Validity and Reliability. European Scientific Journal, 12 (14), 13-26.
Eliadis, A. (2016). Coaching as a Leadership Style: The Perceived Benefits of a Leader Adopting a Coach Approach Leadership Style. (Thesis). University of Texas at Dallas.
Harsono. (2017). Teori dan Metodologi Kepelatihan Olahraga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ibrahim, R. (2015). Psikologi Kepelatihan. Bandung: Red Point.
Kao dan Tsai. (2016). Transformational Leadership and Athlete Satisfaction: The Mediating Role of Coaching Competency. Journal of Aplied Sport Psychology, 1533-1571.
Khalaj, Khabiri, et al. (2011). The Relationship between Coaches Leadership Styles & Player Satisfaction in Women Skate Championship. Procedia Social and Behavioral Sciences, 15, 3596–3601.
Komarudin. (2016). Psikologi Olahraga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mahendra, A. (2007). Teori Belajar Motorik. Bandung: Red Point.
Ma’mun, A. (2011). Kepemimpinan dan Kebijakan Pembangunan Olahraga. Bandung: Red Point.
Moen, F. (2014). The Coach-Athlete Relationship and Expectations. International Journal of Humanities and Social Science, 4, (11), 29-40.
Nizam, Shapie, et al. (2016). The Correlation between Leadership Coaching Style and Satisfaction among University Silat Olahraga Athletes. Ido Movement For Culture: Journal of Martial Arts Anthropology, 16, (3), 34-39.
Pilus & Saadan. (2009). Coaching Leadership Styles and Athlete Satisfactions Among Hockey Team. Journal of Human Capital Development, 2, (2), 77-87.
Rivai, Veithzal. (2004). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sabri, Yen, et al. (2012). Athletes’ Satisfaction with The Coaches Leadership Styles in Schools’ High Performance Sports Programme. (Paper). Faculty of Sport Science and Recreation, Universiti Teknologi MARA (UiTM), Malaysia.
Samah & Omar. (2013). Athletes’ Satisfaction, Intrinsic Motivation and Performance of Archers in Malaysia. Graduate Research in Education, 166-171.
Shanta, H. (2012). The Leader Coach: A Model of Multi-Style Leadership. Journal Practical Consulting, 4, (1), 22-31.
West, L. (2016). Coach-Athlete Communication: Coaching Style, Leadership Characteristics, and Psychological Outcomes. (Paper). School of Human Movement, Sport, and Leisure Studies, Bowling Green State University.