MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN LARI GAWANG (A.D.L) BERBASIS PERMAINAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
DOI:
https://doi.org/10.21009/GJIK.081.05Keywords:
keterampilan; lari gawang; permainanAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan keterampilan lari gawang bagi Siswa Sekolah Menengah
Atas (SMA). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R & D). Instrumen yang
digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket kuesioner serta instrumen psikomotorik
keterampilan lari gawang yang digunakan untuk mengumpulkan data pada tahap: (1) desain produk (2)
perencanaan pengembangan model (3) validasi, evaluasi, dan revisi model. Dalam melihat hasil efektifitas
model digunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji t berkorelasi dengan taraf signifikan α= 0,05.
Hasil perhitungan diperoleh nilai t-hitung -52,597 sedangkan t-tabel 1,669 dan taraf signifikan sebesar
0,000, berdasarkan dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran keterampilan
lari gawang (A.D.L) berbasis permainan bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) layak serta efektif
dalam meningkatkan keterampilan lari gawang untuk Siswa Sekolah Menengah Atas.