EVALUASI PENYELENGGARAAN PROGRAM PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN OLAHRAGA PELAJAR (PPLP) CABANG OLAHRAGA TAEKWONDO PROVINSI DKI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/GJIK.082.02Keywords:
Evaluasi Program, Model CIPP dan Penyelenggaraan PPLP Cabang Taekwondo Provinsi DKI Jakarta.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang penyelenggaraan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) cabang olahraga Taekwondo Provinsi DKI Jakarta. Penelitian evaluasi program ini dilaksanakan dalam rangka menguji tingkat ketercapaian tujuan-tujuan yang telah ditetapkan pada penyelenggaraan program PPLP cabang olahraga Taekwondo. Penelitian ini dilaksanakan di Jakarta pada Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Provinsi DKI Jakarta, Penelitian evaluasi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu: Tahapan context, penyelenggaraan program PPLP cabang olahraga Taekwondo di Provinsi DKI Jakarta dinilai belum sesuai dengan pedoman penyelenggaraan PPLP. Tahapan Input, berdasarkan hasil evaluasi dari empat komponen yang meliputi seleksi atlet, seleksi pelatih, sarana dan prasarana serta pembiayaan diperoleh hasil belum sesuai dengan pedoman penyelenggaraan program PPLP. Tahapan proses meliputi proses pelaksanaan program latihan, pelayanan kesehatan dan gizi serta proses akademik atlet PPLP, dan sistem promosi dan degradasi belum sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Tahapan produk yang dievaluasi adalah yakni perkembangan fisik dan teknik atlet dan hasil program pembinaan. Kedua komponen evaluasi ini masih sudah sesuai harapan dari penyelenggaraan program PPLP cabang olahraga Taekwondo Provinsi DKI Jakarta.