The Influence of Tic Tac Toe Game Model on Learning Outcomes of Basic Locomotor Movements in Primary School Students

Authors

  • Putri aulia Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Putri Aulia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Bayu Thomi

Keywords:

Tic Tac Toe, Basic Lokomotor Movement, PJOK, Learning Results, Class III

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model permainan Tic Tac Toe terhadap hasil belajar gerak dasar lokomotor siswa kelas III SDN Jelambar Baru 03. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen dengan Pre Experimental design, rancangan penelitian ini memanfaatkan One Grup Pretest- Post Tes Design. Sampel sebanyak 30 siswa Kelas III A dengan teknik pengambilan sampel mengunakan purposive sampling . Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Product Moment dengan 20 butir soal dengan 10 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach sebesar 0,635 disimpulkan bahwa butir soal dinyatakan reliabel. Selanjutnya data normalitas dengan menggunakan rumus Saphiro Wilk diketahui data hasil belajar pretest diperoleh Sig 0,659 > 0,05 dan posttest siswa kelas diperoleh Sig 0,30 > 0,05. Berdasarkan hasil dan data-data penelitian dikatakan berdistribusi normal. Pada uji homogenitas tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesai 0,616. Hal ini berarti taraf signifikansi hitung > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil pretest dan posttest mempunyai tingkat varian yang sama. Pada uji hipotesis digunakan Paired Sampel Test menunjukkan berdasarkan hasil analisis uji t pada data pretest dan posttest hasil belajar siswa kelas III SDN Jelambar Baru 03 diperoleh nilai nilai p (0,000) < dari 0,05 . Simpulan penelitian ini adalah model permainan Tic Tac Toe dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lokomotor siswa kelas III SDN Jelambar Baru 03.

 

Kata Kunci : Tic Tac Toe, Gerak Dasar Lokomotor, PJOK, Hasil belajar, Kelas III

 

Abstract. This study aims to find out the influence of the Tic Tac Toe game model on the learning results of the basic movement of the locomotive students of Class III SDN New Figure 03. This research uses quantitative approaches and experimental methods with Pre Experimental design, this research project utilizes One Group Pretest- Post Test Design. A sample of 30 Class III A students using purposive sampling. In a validity test using a product moment correlation with 20 issues with 10 valid questions and 10 drop questions, while in a reliability test using the Alfa Cronbach formula of 0.635 it was concluded that the issue was declared reliable. Further data normality using the Saphiro Wilk formula known data learning results pretest obtained Sig 0.659 > 0.05 and class posttest students obtaining Sig 0.30 > 0.05. Based on the results and the research data it is said to be distributed normally. In the homogeneity test, it can be concluded that the significance value obtained is 0.616. This means the value of significance count > 0.05. It can then be concluded that the results of the pretest and posttest have the same level of variance. On the hypothesis test used Paired Sample Test showed based on the results of the analysis of the test t on the data pretest and posttest learning results students of class III SDN New Figure 03 obtained a p value value (0,000) < of 0.05. The conclusion of this study is that the model Tic Tac Toe game can improve the learning results of the basic movement of the locomotive students of class III SDN Jelambar Baru 03.

Keywords: Tic Tac Toe, Basic Lokomotor Movement, PJOK, Learning Results, Class III

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Zulkifli., hasna, Ahmad, Z. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate. 2(9), 3039–3046.
Alfrid Sentosa, & Norsandi, D. (2022). Model Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal Pendidikan, 23(2), 125–139. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.7444
Cocca, A., Verdugo, F. E., Cuenca, L. T. R., & Cocca, M. (2020). Effect of a game-based physical education program on physical fitness and mental health in elementary school children. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(13), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph17134883
Dwijayanti, K., & Supriyoko, A. (2020). Peningkatan pembelajaran gerak lokomotor menggunakan Model Aktivitas Sirkuit (MAS) melalui pos kemampuan anak siswa sekolah dasar Improved locomotor motion learning using the Circuit Activity Model (MAS) through the post ability of elementary school child. Online) Journal of Physical Activity (JPA), 1(2), 92. https://journal.apopi.org/index.php/jpa
Emanuel, G., J. Bendi, R. K., & Arieffianto, A. (2019). Desain Non-Player Character Permainan Tic-Tac-Toe Dengan Algoritma Minimax. Jurnal Ilmiah Matrik, 21(3), 223–233. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v21i3.725
Hamidah, H., Syahrani, S., & Dzaky, A. (2023). Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mtsn 8 Hulu Sungai Utara. Fikruna, 6(2), 98–114. https://doi.org/10.56489/fik.v6i2.126
hanief, y. n. (2017). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Sportif, 1(1), 60–73.
Iskandar, S., Sholihah Rosmana, P., Nur Azizah H. A, A., Rahayu, G. S., Aprilianti, M., & Gustini, P. (2023). Pengaruh Video Animasi Berbasis Animaker Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Al Qodiri, 20(3), 535–544. https://doi.org/10.53515/qodiri
Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Penjas Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dadap 2 Indramayu. Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 10(1), 44. https://doi.org/10.35194/jm.v10i1.941
Prabowo, E. M., Mintarto, E., & Nurkholis, N. (2022). Variasi dan Kombinasi Permainan Gerak Dasar Atletik Lompat dalam Pembelajaran PJOK Siswa Sekolah Dasar. Discourse of Physical Education, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.36312/dpe.v1i1.604
Sakti Adji, B., Wibowo, S., Negeri Surabaya Jl Lidah Wetan, U., Wetan Kec Lakarsantri, L., & Timur, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Modifikasi Permainan Tic Tac Toe Improving the Learning Outcomes of Basic Locomotor Movements in Elementary School Students Through Tic Tac Toe Game Modification. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 11(2), 141–152.
Saragih, L. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1250
Sceisarriya, V. M. (2018). Problematika Pelaksanaan Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi, 153–159.
Sukur, K. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN di SMP Negeri 28 Merangin. 3(2), 109–118.
Suryono, J. M., Muslim, R. I., & Primadoni, A. B. (2022). Gerak Lokomotor untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Siswa Kelas Rendah di SDN Mintaragen 1 Tegal. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 137–144. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.46
Widiarti, W., Yetti, E., & Siregar, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1787–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1005

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Putri aulia, Putri Aulia, & Thomi, B. . (2024). The Influence of Tic Tac Toe Game Model on Learning Outcomes of Basic Locomotor Movements in Primary School Students. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 15(02), 174–186. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/gjik/article/view/46063