Adaptasi Lembaga Pendidikan Non Formal dalam Menghadapi Tantangan Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.21009/Saskara.021.04Keywords:
Adaptation, Learning Course, Covid-19Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keadaan Bimbel SG Cibubur sebelum dan pada saat situasi Pandemi Covid-19, mengetahui adaptasi yang dilakukan oleh Bimbel SG Cibubur, serta mengetahui respon yang terjadi pada manajemen dan karyawan dengan adanya adaptasi baru di masa Pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 3 orang sebagai informan kunci, 2 orang sebagai informan utama, 2 Orang sebagai informan yang dibutuhkan untuk triangulasi data. Wawancara dilakukan secara langsung sejak bulan Juni – Agustus 2021. Hasil penelitian ini berupa adaptasi yang dilakukan oleh Bimbel SG Cibubur, maupun subjek penelitian yang juga terlibat dalam adaptasi di masa Pandemi Covid-19. Adaptasi yang dilakukan berkaitan dengan pembelajaran offline yang diubah menjadi online. Lebih dalam lagi, dalam penelitian adaptasi Bimbel SG Cibubur, peneliti menganalisis hasil temuan dengan Teori Struktural Fungsional Talcott Parson dengan pendekatan AGIL. Ditemukan bahwa adaptasi yang dilakukan oleh bimbel terlihat dalam indikator Adaptation sehingga dapat tercapainya keteraturan sosial dengan segala adaptasi di masa Pandemi Covid-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Saskara : Indonesian Journal of Society Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.