The Effectiveness of Traditional Oray-Orayan Learning Media Games in Developing The Ability to Recognize The Concept of Numbers in Elementary School Students
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL ORAY-ORAYAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21009/improvement.v9i1.27085Keywords:
Efficiency, Learning Media, Number ConceptAbstract
Abstrak : Teknik pembelajaran yang aktif merupakan cara kreatif untuk meningkatkan perhatian, motivasi, keterlibatan siswa dan dianggap membantu proses belajar dikelas sehingga perlu diterapkan dalam proses pembelajaran khususnya untuk menunjang kemampuan mengenal konsep bilangan pada siswa sekolah dasar. Proses pembelajaran yang aktif tidak terlepas dari media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar diantaranya adalah permainan tradisional oray-orayan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran permainan tradisional oray-orayan dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada siswa sekolah dasar. Jumlah subjek dalam penelitian sebanyak 40 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan rata-rata kemampuan mengenal konsep bilangan siswa SD sebelum dan sesudah diberikan media pembelajaran berupa permainan tradisional oray-orayan. Berdasarkan analisi uji t yang telah dilaksanakan dari tabel diatas diketahui nilai Sig. Levenes’s Test for Equality of Variances adalah sebesar 0.358 > 0.05 maka dapat diartikan bahwa varians data antara kelas eksperimen 1 dan 2 adalah homogen atau sama. Pada tabel tersebut diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan tradisional oray-orayan efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan siswa sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA (Attribution & Non-Commercial-ShareAlike)