PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING

(Pengembangan E-Learning Pada Matakuliah Sistem Sosial Budaya Indonesia Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta)

Authors

  • ROSITA ADIANI
  • SYAIFUDIN

Keywords:

pengembangan model pembelajaran, media pembelajaran, e-learning

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim pengembang, diketahui bahwa para mahasiswa begitu antusias dan tertarik dengan model pembelajaran e-learning ini. Hal ini ditunjukan dengan keseriusan para mahasiswa dalam mendengar dan mengamati setiap materi yang ada pada tayangan video maupun materi yang ada pada website perkuliahan Sistem Sosial Budaya Indonesia serta hasil evaluasi tes kepada mahasiswa dengan perolehan nilai rata-rata yang sudah memenuhi batas minimal nilai ketuntasan belajar.

References

AECT. The Definition of Educational Technology: AECT Task Force on Definition and Terminology. Washington, DC: Associations for Educational Communications and Technology (AECT), 2007.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.
Prawiradilaga, Dewi S. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:
CV. Alfabeta, 2005.
Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009

Downloads

Published

2024-03-06

How to Cite

ROSITA ADIANI, & SYAIFUDIN. (2024). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING: (Pengembangan E-Learning Pada Matakuliah Sistem Sosial Budaya Indonesia Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta). Jurnal Diskursus Pendidikan Sosiologi, 1(1), 85–102. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jdps/article/view/43919