PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING
(Pengembangan E-Learning Pada Matakuliah Sistem Sosial Budaya Indonesia Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta)
Keywords:
pengembangan model pembelajaran, media pembelajaran, e-learningAbstract
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim pengembang, diketahui bahwa para mahasiswa begitu antusias dan tertarik dengan model pembelajaran e-learning ini. Hal ini ditunjukan dengan keseriusan para mahasiswa dalam mendengar dan mengamati setiap materi yang ada pada tayangan video maupun materi yang ada pada website perkuliahan Sistem Sosial Budaya Indonesia serta hasil evaluasi tes kepada mahasiswa dengan perolehan nilai rata-rata yang sudah memenuhi batas minimal nilai ketuntasan belajar.
References
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.
Prawiradilaga, Dewi S. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:
CV. Alfabeta, 2005.
Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.