TANTANGAN DAN PELUANG PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI MASA PANDEMI COVID 19
(STUDI PADA GURU SOSIOLOGI DI JABODETABEK)
Keywords:
guru, sosiologi, proses pembelajaranAbstract
Pentingnya posisi mata pelajaran sosiologi pada faktanya masih dibayangi olehberbagai masalah yang menyertai proses pembelajaran sosiologi di SMA. Berbagai masalah itu antara lain, sumberdaya guru yang belum semua berlatar belakang sosiologi, proses pembelajaran yang belum mengoptimalkan nalar sosiologis siswa, pembelajaran sosiologi yang masih bertumpu pada teks (menghafal konsep), sumber bacaan mata pelajaran sosiologi SMA yang minim dan sosiologi sebagai rumpun IPS masih kalah pamornya dengan IPA. Narasi ini merupakan gambaran persoalan pembelajaran mapel sosiologi pada Jenjang SMA sebelum virus covid 19 hadir di Indonesia. Lantas
bagaimana nasib pembelajaran sosiologi dimasa pandemi covid 19 sekarang ini? Apa peluang dan tantangan yang muncul dalam proses pembelajaran sosiologi yang dilakukan secara daring? Pertanyaan tersebut merupakan narasi penting dalam penelitian ini. Karena
tantangan dan peluang pembelajaran sosiologi di sekolah SMA tentu akan berbeda, ketika proses pembelajarannya tidak lagi dilakukan secara konvensional (tatap muka), tetapi dilakukan secara daring. Penelitian ini menjadi menarik karena mengambil subyek dan locus penelitian di kalangan guru sosiologi di Jabodetabek. Sehingga, Variasi data yang diperoleh nantinya dapat mengupdate temuan dan pengetahuan baru yang dapat berkontribusi pada pengembangan pembelajaran sosiologi ke-depan (fase kehidupan new
normal).
References
Mansyur, Abd Rahim. Dampak Covid -19 Terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Educatioan dan Learning Journal. Vol 1 No 2 Juli 2020, pp 113-123
Medida, Veneshia Auralia., dkk. Dampak Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Guru IPS pada Siswa SMP. Seminar Nasional Pendidikan IPS. Vol 1 No 1 2020
Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Simatupang, Novi., dkk. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Online pada Siswa SMA dalam Masa Pandemik Covid-9. Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol 4 No 1 April 2021 pp. 68-76
Siregar, Evelin dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.