Archives
-
Jendela Akademika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat - Maret 2023
Vol. 1 No. 01 (2023)Pada Edisi perdana ini, kami memperkenalkan dengan penuh rasa syukur dan bangga atas terbitnya Jendela Akademika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta. Jendela Akademika terbit setahun dua kali pada bulan Maret dan September.
Edisi kali ini kami mempersembahkan lima artikel yang telah disusun berdasarkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menarik dan inovatif. Artikel pertama ditulis oleh Iriani Indri Hapsari, Fitri Lestari Issom, Adhissa Qonita, Vinna Ramadhany Sy, yang memberikan gambaran tentang Psikoedukasi Manajemen Stres Pengasuhan pada Ibu di Masa Pandemi di Desa Pasirtanjung. Artikel kedua ditulis oleh Lupi Yudhaningrum, Irma Rosalinda, Gumgum Gumelar Fajar Rakhman, Liza Yudhita Widyastuti yang membahas tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa sekolah dasar. Artikel ketiga ditulis oleh Erik Erik, Ratna Dyah Suryaratri, Deasyanti, Hermeilia Megawati yang mentarget para pelaku UMKM di desa Pasirtanjung agar lebih terampil dalam menggunakan teknologi. Artikel keempat ditulis oleh Lupi Yudhaningrum, Erik Erik, R.A. Fadhallah, Novitasari R.Damanik yang menyajikan hasil Pengembangan Keterampilan Kewirausaahaan pada Pelaku Usaha Desa Pasirtanjung, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. Artikel terakhir ditulis oleh Fildzah Rudyah Putri yang membahas mengenai bagaimana cara memahami filsafat manusia dengan mudah melalui video animasi. Demikian kelima artikel pada edisi perdana ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah khasanah keilmuan Psikologi dalam pengabdian kepada masyarakat.
-
Jendela Akademika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat - September 2023
Vol. 1 No. 02 (2023)Pada Edisi kedua ini, Jendela Akademika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta menyajikan lima artikel ilmiah yang akan menambah wawasan pengembangan keilmuan psikologi dalam konteks pengabdian kepada masyarakat.
Kelima artikel ini telah disusun berdasarkan proses penerapan serta pengembangan ilmu psikologi dalam konteks pengabdian kepada masyarakat. Artikel pertama ditulis oleh Ratna Dyah Suryaratri, Mira Ariyani, yang memberikan gambaran tentang Optimalisasi Kemampuan Bertanya Siswa: Pemberdayaan Guru SMA di Desa Cinta Asih, Karawang. Artikel kedua ditulis oleh Fitri Lestari Issom, Ratna Dyah Suryaratri, Reny Rustyawati yang membahas tentang pentingnya Psikoedukasi Sekolah Ramah Anak di Desa Pasirtanjung Kabupaten Bogor. Artikel ketiga ditulis oleh Novitasari R. Damanik, Gumgum Gumelar Fajar Rakhman, Lupi Yudhaningrum yang memberikan pelatihan Pengembangan Keterampilan Brand Awareness pada Pelaku Usaha Desa Pasirtanjung, Kabupaten Bogor. Artikel keempat ditulis oleh Rahmawati Prihastuty, Edy Purwanto, Moh. Iqbal Mabruri, Fatma Kusuma Mahanani, Aina Aulia Firdaus, Ismy Alifia Shelma Karomy, Dewi Indah Pramesty, Maryam yang menyajikan hasil Psikoedukasi: Optimalisasi Pertumbuhan Anak Stunting Bagi Orang Tua Muda di Puskesmas Sekaran. Artikel terakhir ditulis oleh Ernita Zakiah, Zarina Akbar, Mauna, Lulu Khoiruningrum, Pramudya Ardyagarini Nugroho, Khadijah Nur Khofifah yang melaporkan hasil Psikoedukasi Literasi Kesehatan Mental Remaja di Desa Pasir Tanjung, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat . Demikian kelima artikel pada edisi kedua ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah khasanah keilmuan Psikologi dalam pengabdian kepada masyarakat.
-
Jendela Akademika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat - Maret 2024
Vol. 2 No. 01 (2024)Edisi ketiga Jendela Akademika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarkat Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta dengan bangga menyajikan lima artikel yang akan memberikan inspirasi dan wawasan terkait keilmuan psikologi dalam penerapannya di masyarakat.
Kelima artikel ini telah disusun dan direview berdasarakan pendekatan keilmuan psikologi agar menghasilkan artikel yang dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan keilmuan psikologi khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Artikel pertama ditulis oleh Sri Juwita Kusumawardhani, Vinna Ramadhany Sy, Gita Irianda Rizkyani Medellu yang menuliskan hasil pengabdian masyarakatnya yang berjudul Psikoedukasi: Mewujudkan Relasi Romantis Sehat Bahagia Bagi Remaja Perempuan di Desa Pasirtanjung. Artikel kedua ditulis oleh Santi Yudhistira, Gita Irianda Rizkyani Medellu yang membahas tentang Optimalisasi Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa di Kelas. Artikel ketiga ditulis oleh Liza Yudhita Widyastuti yang mengulas tentang Accessibility Support in Choice of College Major and Career for High School Students During Covid 19. Artikel keempat ditulis oleh Ernita Zakiah, Erik, Fildzah Rudyah Putri, Anggi Mayangsari, Zarina Akbar, Elsa Az-Zahra Maulidina, Vera Kartika yang membahas tentang Psikososial pada Guru Penyintas Bencana Gempa Bumi di Cianjur Jawa Barat. Artikel kelima ditulis oleh Lussy Dwiutami Wahyuni, Mira Ariyani, Fildzah Rudyah Putri, Adzkia Zahra Izzati, Syifa Ananda Luthfiyah yang mengulas tentang pentingnya mempersiapkan diri untuk membangun kesiapan jelang pernikahan dengan judul “Prepare Your Self”: Psikoedukasi Membangun Kesiapan Fisik dan Kesehatan Jelang Pernikahan. Demikian kelima artikel pada edisi ketiga Jendela Akademika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat ini, semoga dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan keilmuan Psikologi dalam pengabdian kepada masyarakat.
-
Jendela Akademika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat - September 2024
Vol. 2 No. 02 (2024)Edisi keempat Jendela Akademika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarkat Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta dengan bangga menampilkan beragam artikel yang mencerminkan upaya inovatif dalam proyek pengembangan dan layanan masyarakat. Harapannya, edisi ini dapat memberikan dampak positif di berbagai komunitas yang relevan.
Kontribusi dalam edisi ini menyoroti berbagai topik, mulai dari kesehatan mental, peningkatan keterampilan sosial, dan pengembangan kapasitas diri dari berbagai Universitas di Indonesia. Artikel pertama membahas informasi dan edukasi mengenai kesehatan mental ditulis oleh Iriani Indri Hapsari, Irma Rosalinda Lubis, dan Anggi Mayangsari dengan judul “Psikoedukasi Literasi Kesehatan Mental pada Remaja di Desa Pasir Tanjung”. Artikel kedua ditulis oleh Rista Nur Hamidah, Widya Yuli Santiningtyas, dan Ichsan Kristanto yang membahas mengenai kesehatan mental dan dukungan emosional di ranah sekolah dengan implementasi “Dari Siswa untuk Siswa Keberhasilan Konseling Teman Sebaya di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta”. Artikel ketiga ditulis oleh Rahmawati Prihastuty, Sugiariyanti, Fatma Kusuma Mahanani, Dyah Ayu Rahmawati, Aina Aulia Firdaus, dan Filea Suryaningtyas, mengupas tentang peningkatan kapasitas guru dengan topik “Strategi Peningkatan Self-Efficacy pada Guru dalam Penanganan Siswa Berkebutuhan Khusus”. Artikel keempat ditulis oleh Yoza Okta Saputra, Josetta Maria Remila Tuapattinaja, Eka Danta Jaya Ginting, dan Rahma Fauzia mengenai penerapan pelatihan untuk mengatasi isu bullying pada remaja dengan judul “Stop Bullying dengan Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Siswa SMP Methodist 1 Medan”. Serta artikel kelima ditulis oleh Erik, Herdiyan Maulana, Gumgum Gumelar FR, Liza Yudhita yang mengulas tentang “Pilot Project Panduan Bagi Guru dan Fasilitator untuk Pengembangan Keterampilan Sosial Anak di Desa Pasirtanjung “.
Terima kasih atas dukungan dan komitmen yang berkelanjutan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat di Indonesia. Besar harapan kami kelima artikel Jurnal Akademika pada edisi ini dapat terus mendorong perubahan yang berarti dan membangun masa depan yang lebih baik untuk semua kalangan masyarakat.
Selamat membaca!