PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PPKN SD

  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta
Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Keterampilan Berpikir Kriris, PPKn

Abstrak

Abstrak: Keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk menjadi generasi unggul dalam persaingan global dimasa kini dan masa yang akan datang. Pembelajaran PPKn SD merupakan salah satu pembelajaran yang menuntut siswa untuk memiliki keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran PPKn SD yang valid dan reliable. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek uji coba produk media penilaian bentuk instrumen yang berorientasi Keterampilan berpikir kritis dengan materi PPKn adalah 30 orang peserta didik kelas V SD. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengembangkan instrumen keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran PPKn SD. Instrumen ini beracuan pada penilaian keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn SD sesuai dengan tujuan dari pembelajaran PPKn SD. Dengan menggunakan instrumen ini guru dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis di setiap pembelajaran PPKn SD di kelas. Hasil dari pengembangan instrumen keterampilan berpikir kritis yang dibuat dapat di gunakan oleh guru sebagai alat untuk mengembangkan keterampilan berpikir siswa pada pembelajaran PPKn SD.

Referensi

Allen, M.j., & Yen, W.M. 1979. Introduction to measurement theory. Monterey, Mexico: Brooks/Cole Publishing Company.

Arifin, Zaenal. 2016. Pengembangan Instrumen Pengukur Berpikir Kritis Matematika Siswa SMA Kelas X. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Vol. 1 No. 1 Edisi Juli 2016

Azwar, S. 2011. Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bailin, S. 2002. Critical thinking and science education. Science & Education, 11(4).

Crocker, Linda and James Algina. 1986. Intorduction to Clasical and Modern Test Theory. Florida USA: Holt Rinehart and Winston, Inc..

Cronbach, Lee J. 1984. Essentials of Psycological Testing. New York: Harper and Row.

Djaali dan Pudji Muljono. 2004. Pengukuran dalam BidangPendidikan. Jakarta: PPs UNJ.

Emily R. Lai. 2011. Critical Thinking: A Literature Review. Research Report. Always Learning. Pearson.

Febria, W. 2016. Pengembangan Instrumen Tes Standar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas 7 SMP Di Kabupaten Banjar. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), Vol 13(1) 2016

Frydenberg, M., & Andone. 2011. D. Learning for 21 st Century Skills.

Garnison. D. R., Anderson, T. & Archer, W. 2011. Critical Thingking and Computer Conferencing: A Model and Tool to Assess Cognitive Presence.

Gronlund, N.E., Linn, R.L., & Miller, M.D. 2009. Measurement & Evaluation in Teaching. Tenth edition. New York: Macmillan Publishing Co., Inc.

Hopkins, Charles D. and Richard L. Antes. 1990. Classroom Measurement and Evaluation. Itacca, Minois: F.F. Peacock Publishers, Inc.

Jamaluddin. 2020. Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA. J. Pijar MIPA, Vol. 15 No.1, Januari 2020

Kartimi & Liliasari. 2012. Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis pada Konsep Termokimia untuk Siswa SMA Peringkat Atas dan Menengah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 2126.

Komarudin. 2013. Pengembangan Instrumen Pengukur Toleransi Sosial Program Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi. Universitas Negeri Jakarta.

Lampiran Permendiknas RI No. 22 Tahun 2001

Mardapi, D dkk. 2011. Pengembangan Instrumen Pengukur Hasil Belajar Nirbias dan Terskala Baku. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 15

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendika

Mason, Emanuel J. and William J. Bramble. 1989. Understanding and Conducting Research: Application in Education and Behavior Science. New York: McGraww-Hill Book Company.

Milton Keynes. 2008. Thinking Critically. United Kingdom: Thanet Press. ISBN 978-0-7492-2920-7.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi

Ratna, Hidayah dkk. 2017. Critical Thingking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia Vol. 01 No. 02 Desember 2017.

Satriwan Salim. 2018. Guru, Hoaks dan Keterampilan Berpikir Kritis. Medcom.id

Susilawati, E dkk. 2020. Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Volume 6 No. 1 Juni 2020 Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT)

Tilaar, H. A. R. Pedagogik Kritis, Perkembangan, Substansi dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Diterbitkan
2021-02-16