MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI PENUGASAN JURNAL HARIAN

  • Nur Wulandari Universitas Negeri Jakarta
  • Herlina Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Keterampilan Menulis Cerita Pendek, Penugasan Jurnal Harian, Sekolah Dasar

Abstract

Penyebab rendahnya keterampilan menulis cerita pendek di Sekolah Dasar (SD) dalam pembelajaran kurang mengedepankan pembelajaran nyata dan aktif untuk menulis cerita pendek dari proses pengalaman. Salah satu upaya mengatasinya yaitu menggunakan penugasan jurnal harian Metode yang dipilih menggunakan action research dengan model Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Mekarsari 09. Pada siklus I diperoleh rata-rata nilai sebesar 67,05 dan persentase siswa 61,3%. Terjadi peningkatan pada siklus II yaitu hasil tes keterampilan menulis cerita pendek diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,69 dan persentase siswa yang berhasil mencapai 87,1%. Hasil ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis cerita pendek dapat ditingkatkan melalui penugasan jurnal harian di sekolah dasar.

Published
2020-08-25