PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID MATA KULIAH STRUKTUR BETON II

Authors

  • Anggita Rachmi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.10815

Keywords:

E-module, Android, Concrete structure

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran berupa e-modul berbasis Android pada Struktur Beton II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Model pengembangan ini memiliki 5 tahapan, yaitu menganalisis, merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi. Namun, penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur kelayakan bahan ajar menurut ahli materi dan ahli media. Penelitian ini dilakukan oleh ahli materi dengan nilai 93,26% yang dapat dikategorikan “Sangat Layak”. Sedangkan, nilai menurut ahli media diperoleh nilai sebesar 97,22% yang dapat dikategorikan “Sangat Layak”.

Kata kunci: E-modul, Android, Struktur Beton

Abstract

This study is a research and development which has the aim to develop learning instructional materials in the form of Android-based e-modules in Concrete Structure II. The method used in this research is Research and Development with ADDIE model. This development model has 5 stages, namely analyzing, designing, developing, implementing, and evaluating. However, this research only applies to the development stage. The measuring instrument used is an instrument to measure the feasibility of teaching materials by material experts and media expert. This research was carried out by material experts value was 93,26% which could be categorized as "Very Decent". While the value by media experts obtained a value of 97,22% which can be categorized as "Very Decent".

Keywords: E-module, Android, Concrete Structure

References

Aminatun, T., et al. (2016). Pengembangan E-Module Berbasis Android Mobile Materi Ekosistem Lokal Nusa Tenggara untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa SMA. SNPS 2016, 2016–2223.
Arthur, R. (2013). Pengukuran Acuan Patokan -Terpadu (PAP-T) dalam Mengukur Kompetensi dalam bidang Teknik Sipil. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan. 1-14.
Crompton, H., & Burke, D. (2018). Computers & Education The use of mobile learning in higher education : A systematic review. Computers & Education, 123: 53–64.
Handhika, J., Prastyaningrum, I., & Pratama, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Smartphone Pada Materi Hukum Biot Savart, Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 117–121.
Hernawan, A. H., Permasih, & Demi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan, 1–13.
Rio, P., Feriansyah, S., & Chandra, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika SMA Pada Materi Usaha dan Energi.
Riyadi, S., Qamar, K., Malang, U. K., & Timur, J. (2017). Efektivitas E-Modul Analisis Real Pada Program Studi Pendidikan Matematika, 1(1): 31–40.
[FT UNJ] Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (2018). Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. http://ft.unj.ac.id/?page_id=132. Diakses 25 Juli 2018

Downloads

Published

2020-09-20

How to Cite

Rachmi, A. . (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID MATA KULIAH STRUKTUR BETON II . Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 9(3), 161–167. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.10815