Link: https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/8036
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 13 Issue 3 contains 9 articles.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 13 Issue 2 contains 9 articles.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 13 Issue 1 contains 11 articles.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 12 Issue 3 contains 11 articles.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 12 Issue 2 contains 11 articles.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 12 Issue 1 contains 13 articles.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 11 Issue 3 contains 9 article
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 11 Issue 2 contains 9 article
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 11 Issue 1 contains 9 articles.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 10 Issue 3 contains 7 articles.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 10 Issue 2 contains 7 articles.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 10 Issue 1 contains 7 articles.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 9 Issue 3 contains 9 articles.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 9 Issue 2 contains 9 articles.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 9 Issue 1 contains 7 articles.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 8 Issue 2 contains 6 articles.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 8 Issue 1 contains 7 articles.
Selamat berjumpa kembali para pembaca setia Jurnal PenSil!
Pada bulan kemerdekaan ini, PenSil kembali menerbitkan beberapa artikel hasil penelitian di bidang pendidikan teknik sipil. Terdapat enam hasil penelitian, yaitu: (1) Kualitas Layanan Akademik Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Universitas Negeri Jakarta, (2) Pengembangan Media Flashcard Mata Kuliah Teknolgi Beton Di Program Studi Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Universitas Negeri Jakarta, (3) Studi Analisis Motivasi Lulusan Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Universitas Negeri Jakarta Terhadap Bidang Kerja Non-Kependidikan (Konstruksi), (4) Pengembangan Pembelajaran E - Learning Mata Kuliah PTM/Jalan Raya Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, (5) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ, dan (6) Evaluasi Pelaksanaan Bimbingan Dalam Praktik Keterampilan Mengajar Terhadap Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 7 Issue 2 contains 6 articles.
Pada edisi kali ini terdapat enam hasil penelitian, yaitu: (1) Relevansi Materi Ajar di Prodi PTB FT UNJ dengan Materi Ajar di SMK Program Keahlian Teknik Bangunan; 2) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar Siswa; 3) Hubungan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik; 4) Pengaruh Media Pembelajaran Visual Tiga Dimensi (Sketch Up) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pelajaran Macam-Macam Pekerjaan Konstruksi Kayu; 5) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak Kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Bekasi; dan 6) Hubungan Praktik Kerja Industri dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 1 Cibinong Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 7 Issue 1 contains 6 articles.
Selamat berjumpa kembali bagi para pembaca setia Jurnal Pensil. Pada edisi kali ini terdapat tujuh hasil penelitian yang berkaitan dengan Pendidikan Vokasional Teknik Sipil, yaitu: (1) Pengaruh Kinerja Mengajar Dosen Terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNJ; (2) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Di SMK Negeri 1 Jakarta; (3) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mekanika Teknik Kelas X TGB Di SMK Negeri 26 Jakarta; (4) Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Berdasarkan Pedoman Prakerin di SMKN 3 Depok Program Keahlian Batu & Beton; (5) Pengaruh Efektivitas Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Cibinong Kab. Bogor; (6) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Menggambar Bentuk Bidang Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMKN 4 Tangerang Selatan; dan (7) Analisis Keterserapan Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta di Lapangan Kerja. Selamat membaca!
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 6 Issue 2 contains 6 articles.
Awal tahun 2017 ini kembali PenSil menerbitkan jurnal. Pada edisi kali ini terdapat 6 penelitian yang berjudul: 1) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan; 2) Evaluasi Pelaksanaan Program Prakerin Berdasarkan Pedoman Prakerin di SMKN 3 Depok Program Keahlian Batu & Beton; 3) Pengaruh Efektivitas Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Cibinong Kabupaten Bogor; 4) Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada SMK Negeri Program Keahlian Teknik Bangunan di Jakarta; 5) Evaluasi Pelaksanaan Pembimbingan Dosen Pembimbing Terhadap Mahasiswa PPL FT UN; dan 6) Studi Analisis Terhadap Kemampuan Softskills Mahasiswa Fakultas Teknik UNJ. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca.
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 6 Issue 1 contains 6 articles.
Pada edisi kali ini terdapat enam hasil penelitian, yaitu: (1) Hubungan Hasil Belajar Kewirausahaan dengan Minat Berwirausaha pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Jakarta Bidang Keahlian Teknik Bangunan; (2) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa Kelas X TGB di SMK Negeri 26 Jakarta; (3) Perbedaan Hasil Belajar Statika Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Dengan Konvensional Plus; (4) Analisa Kemampuan Mengajar Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK); (5) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masa Studi Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta; (6) Pengaruh Kinerja Mengajar Dosen Terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik UNJ. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil Volume 5 Issue 2 contains 6 articles.
Edisi pertama tahun 2016 ini terdapat enam hasil penelitian, yaitu: (1) Faktor-Faktor Peyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik (Studi Kasus Siswa Kelas X TGB SMKN 1 Jakarta); (2) Minat Mahasiswa Terhadap Profesi Guru (Studi Deskriptis pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan FT UNJ); (3) Evaluasi Siswa pada Proses Kegiatan Belajar Mengajar Dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 jakarta; (4) Penerapan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri Wilayah DKI Jakarta; (5) Implimentasi Kurikulum 2013 SMK Negeri Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di DKI Jakarta; (6) Kualitas Butir Tes Pilihan Ganda pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan (Penelitian Evaluatif di SMKN 1 Jakarta).
Semoga bermanfaat!
Pada edisi kali ini terdapat beberapa perubahan tampilan guna menyempurnakan aspek visual dan keteraturan dari format terdahulu. Enam artikel yang disajikan kali ini pada dasarnya bertemakan “Pembelajaran dan Lingkungan†yang dimulai dari Artikel berjudul Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan ruang terbuka hijau di Universitas Negeri Jakarta ditinjau dari fungsi ekstrinsik, Evaluasi kinerja gedung parkir sepeda motor kampus A Universitas Negeri Jakarta, Studi tentang guru yang telah bersertifikasi kompetensi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, Studi penelusuran (tracer study) lulusan program studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNJ tahun lulus 2006-2011, Implementasi kurikulum 2013 SMK Negeri Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di DKI Jakarta dan diakhiri dengan artikel Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif CAI pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X DI SMK Negeri 1 Jakarta.
Pada edisi kali ini terdapat beberapa perubahan tampilan guna menyempurnakan aspek visual dan keteraturan dari format terdahulu. enam artikel yang disajikan kali ini pada dasarnya bertemakan “peningkatan kualitas pembelajaranâ€. Di buka dengan artikel studi pelacakan lulusan program studi D3 Teknik Sipil Universitas Negeri Jakarta, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa kompetensi keahlian teknik gambar bangunan, persepsi siswa SMK tentang Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) Program Keahlian Teknik Bangunan, studi analisis gaya belajar siswa yang mengacu model Grasha-Reichmann pada mata pelajaran kelompok kejuruan kelas X SMK Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan, hubungan pengetahuan dasar konstruksi kayu dengan belajar praktik kerja bangku di SMKN 58 Jakarta serta Studi tentang kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran Ilmu Statika dan Tegangan pada SMK Negeri Jakarta
MAIN MENU Focus and Scope Editorial Board Reviewers Contact Us Journal History Indexing
SUBMISSIONS Submit to JPENSIL Author Guidelines Manuscript Template Article Processing Charges
PUBLICATIONS License & Copyright Peer Review Process Ethic Statement R-W-C-R-R Policy Plagiarism Screening Journal Management Archiving Policy Open Access Policy Sponsorship Disclosure
Editorial Address: LPPM UNJ, Gedung Ki Hajar Dewantara Lt.6-7, Jalan Rawamangun Muka, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta
Publisher Website: https://lppm.unj.ac.id/ & https://journal.unj.ac.id/
Email: jurnalpensil@unj.ac.id
Social Media
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.