• Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil
    Vol 2 No 2 (2013)

    Kepada para pembaca, kami ucapkan selamat berjumpa kembali!. Pada edisi berikut ini kami sajikan beberapa hasil penelitian yang mencakup 4 skop, yaitu: 1) Kurikulum dan Metode Pembelajaran Teknik Sipil; 2) Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Teknik Sipil; 3) Keprofesian Bidang Pendidikan Teknik Sipil; dan 4) Evaluasi Pembelajaran Teknik Sipil. Pada skop Kurikulum dan Metode Pembelajaran Teknik Sipil terdapat empat hasil penelitian, yaitu: a) Kesesuaian Kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta Dilihat Dari Kompetensi Kerja Berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Sektor Jasa Konstruksi; b) Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Menggambar Teknik dengan Menggunakan Program AutoCAD; c) Perbedaan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Dengan Metode Konvensional Plus Terhadap Hasil Belajar Ilmu Konstruksi Bangunan (Eksperimen Pada Siswa Kelas X TGB SMKN 1 Jakarta); dan d) Persepsi Guru Teknik Gambar Bangunan tentang Kurikulum 2013 (Studi Deskriptif pada SMK Negeri di DKI Jakarta). Kemudian pada skop Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Teknik Sipil terdapat penelitian yang berjudul Persepsi Siswa Dan Guru terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-Learning Di SMK Negeri 4 Jakarta. Pada skop Keprofesian Bidang Pendidikan Teknik Sipil terdapat satu penelitian yang berjudul Faktor-Faktor Kesiapan Kerja Siswa Setelah Pengalaman Kerja Industri Kelas XI Jurusan Teknik Konstruksi Kayu (TKK) dan Desain Produksi Kriya Kayu (DPKK) SMKN 58 Jakarta. Terakhir pada skop Evaluasi Pembelajaran Teknik Sipil penelitiannya berjudul Perbandingan Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya Menggunakan Media Benda Model dengan Media Konvensional Kelas XI TGB SMKN 35 Jakarta.

    Selamat membaca!

  • Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil
    Vol 2 No 1 (2013)

    Pada edisi kali ini, kami menerbitkan 7 hasil penelitian yang terbagi menjadi beberapa skop penelitian. Pada skop Keprofesian Bidang Pendidikan Teknik Sipil terdapat dua hasil penelitian yang berjudul: (1) Minat Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Terhadap Jasa Konstruksi Teknik Sipil; dan (2) Studi Tentang Sikap Profesional Guru Dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif. Kemudian, pada skop penelitian Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Teknik Sipil terdapat dua hasil penelitian yang berjudul: (1) Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran Berbasis Produksi Dalam Kelompok Pelajaran Produktif; dan (2) Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Sikap Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah (Studi Pada Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 26 Jakarta). Selanjutnya, pada skop Kurikulum dan Metode Pembelajaran Teknik Sipil hanya terdapat satu penelitian dengan judul: Perbedaan Hasil Belajar antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan Model Pembelajaran Konvensional Plus pada Mata Pelajaran Statika. Begitupun pada skop Evaluasi Pembelajaran Teknik Sipil dan Kompetensi Pembelajaran dan Pekerjaan Bidang Teknik Sipil masing-masing hanya terdapat satu penelitian, yaitu: Perbedaan Prestasi Belajar Antara Mahasiswa yang Ikut Serta Dan Yang Tidak Ikut Serta Pada Himpunan Mahasiswa (Hima) Teknik Sipil Di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Dan yang terakhir berjudul: Relevansi Kompetensi Lulusan SMK Khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan dengan Kompetensi Yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja.

    Selamat membaca!

  • Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil
    Vol 1 No 2 (2012)

    Artikel yang disajikan pada jurnal "Pensil" edisi kedua ini merupakan hasil penelitian pada bidang pendidikan vokasional teknik sipil. Pada skop Kurikulum dan Metode Pembelajaran Teknik Sipil terdapat tiga hasil penelitian, yaitu: (1) Perbedaan Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya (RAB) Antara Model Pembelajaran Kooperatif Metode Student Teams Achievement Division(STAD) Dengan Metode Konvensional (Studi pada Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya SMKN 35 Jakarta); (2) Hubungan Kemampuan Ketrampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Pada Bidang Keahlian Teknik Bangunan Gedung; dan (3) Perbedaan Hasil Belajar Statika Antara Metode Ceramah dengan Metode Problem Posing Pada Siswa Kelas XII Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Jakarta. Pada skop Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Teknik Sipil terdapat tiga penelitian yang berjudul: (1) Hubungan Antara Prestasi Belajar Pendidikan Sistem Ganda dengan Motivasi Siswa Memasuki Dunia Kerja Bidang Teknik Konstruksi Batu dan Beton (Studi Deskriptif Analitis pada Siswa SMK Negeri 4 Jakarta Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton Tahun Pelajaran 2011/2012); (2) Efektifitas Sistem Pembelajaran Blok Tri Wulan pada Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Bangunan SMKN 1 Jakarta; dan (3) Analisis Faktor Kendala Pengelolaan Kelas pada Mata Pelajaran Teori di SMKN Jurusan Teknik Bangunan Tahun Ajaran 2011/2012.Pada skop Media dan Materi Pembelajaran Teknik Sipil terdapat satu penelitian yang berjudul Perencanaan Media Pembelajaran Sambungan dan Hubungan Kayu Berbasis TIK pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Furnitur. Pada skop lain, satu penelitian berjudul Persepsi Mahasiswa Terhadap Profesi Guru (Studi Penelitian pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta).

  • Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil
    Vol 1 No 1 (2012)

    Artikel yang disajikan pada jurnal "Pensil" edisi pertama ini merupakan hasil penelitian pada bidang pendidikan vokasional teknik sipil. Pada skop Media dan Materi Pembelajaran Teknik Sipil terdapat dua penelitian yang berjudul Perancangan Media Pembelajaran AutoCAD Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Gambar Bangunan dalam Bentuk Cakram Optik, dan Perbedaan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Multimedia Presentasi dengan Pembelajaran Media Program Pengolah Kata Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teori Kejuruan Teknik Furnitur. Pada skop Kurikulum dan Metode Pembelajaran Teknik Sipil terdapat dua penelitian yang berjudul Perbedaan Hasil Belajar Metode Cooperative Learning Model STAD dengan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Statika dan Tegangan (Studi terhadap SiswaKelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 26 Jakarta) dan Pengaruh Efektivitas Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMKN 26 Jakarta Pada Mata Pelajaran Ilmu Bahan Bangunan. Kemudian pada skop  Evaluasi Pembelajaran Teknik Sipil terdapat dua penelitian yang berjudul Studi Kepuasan Pengguna Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNJ (Studi pada Lembaga Pendidikan Formal dan Nonformal se-Jabodetabek) dan Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik II Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta.

26-29 of 29