Kepada para pembaca, kami ucapkan selamat berjumpa kembali!. Pada edisi berikut ini kami sajikan beberapa hasil penelitian yang mencakup 4 skop, yaitu: 1) Kurikulum dan Metode Pembelajaran Teknik Sipil; 2) Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Teknik Sipil; 3) Keprofesian Bidang Pendidikan Teknik Sipil; dan 4) Evaluasi Pembelajaran Teknik Sipil. Pada skop Kurikulum dan Metode Pembelajaran Teknik Sipil terdapat empat hasil penelitian, yaitu: a) Kesesuaian Kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta Dilihat Dari Kompetensi Kerja Berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Sektor Jasa Konstruksi; b) Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Menggambar Teknik dengan Menggunakan Program AutoCAD; c) Perbedaan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Dengan Metode Konvensional Plus Terhadap Hasil Belajar Ilmu Konstruksi Bangunan (Eksperimen Pada Siswa Kelas X TGB SMKN 1 Jakarta); dan d) Persepsi Guru Teknik Gambar Bangunan tentang Kurikulum 2013 (Studi Deskriptif pada SMK Negeri di DKI Jakarta). Kemudian pada skop Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Teknik Sipil terdapat penelitian yang berjudul Persepsi Siswa Dan Guru terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-Learning Di SMK Negeri 4 Jakarta. Pada skop Keprofesian Bidang Pendidikan Teknik Sipil terdapat satu penelitian yang berjudul Faktor-Faktor Kesiapan Kerja Siswa Setelah Pengalaman Kerja Industri Kelas XI Jurusan Teknik Konstruksi Kayu (TKK) dan Desain Produksi Kriya Kayu (DPKK) SMKN 58 Jakarta. Terakhir pada skop Evaluasi Pembelajaran Teknik Sipil penelitiannya berjudul Perbandingan Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya Menggunakan Media Benda Model dengan Media Konvensional Kelas XI TGB SMKN 35 Jakarta.

Selamat membaca!

Published: 2013-08-28