Pada edisi kali ini, kami menerbitkan 7 hasil penelitian yang terbagi menjadi beberapa skop penelitian. Pada skop Keprofesian Bidang Pendidikan Teknik Sipil terdapat dua hasil penelitian yang berjudul: (1) Minat Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Terhadap Jasa Konstruksi Teknik Sipil; dan (2) Studi Tentang Sikap Profesional Guru Dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif. Kemudian, pada skop penelitian Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Teknik Sipil terdapat dua hasil penelitian yang berjudul: (1) Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran Berbasis Produksi Dalam Kelompok Pelajaran Produktif; dan (2) Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Sikap Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah (Studi Pada Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 26 Jakarta). Selanjutnya, pada skop Kurikulum dan Metode Pembelajaran Teknik Sipil hanya terdapat satu penelitian dengan judul: Perbedaan Hasil Belajar antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan Model Pembelajaran Konvensional Plus pada Mata Pelajaran Statika. Begitupun pada skop Evaluasi Pembelajaran Teknik Sipil dan Kompetensi Pembelajaran dan Pekerjaan Bidang Teknik Sipil masing-masing hanya terdapat satu penelitian, yaitu: Perbedaan Prestasi Belajar Antara Mahasiswa yang Ikut Serta Dan Yang Tidak Ikut Serta Pada Himpunan Mahasiswa (Hima) Teknik Sipil Di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Dan yang terakhir berjudul: Relevansi Kompetensi Lulusan SMK Khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan dengan Kompetensi Yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja.

Selamat membaca!

Published: 2013-02-26