STUDI KEPUASAN PENGGUNA LULUSAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DI BIDANG KEPENDIDIKAN

  • Nida Zafarina Universitas Negeri Jakarta
Kata Kunci: Kepuasan Pengguna Lulusan, Standar Kompetensi Lulusan, Bidang Kerja Kependidikan

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta dalam bidang pekerjaan pendidikan sebagai guru dan untuk mengetahui kepuasan pengguna lulusan terhadap kinerja lulusan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga Juli 2019. Penelitian ini dilakukan pada lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa angka dan teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada lulusan melalui Google Form untuk mempermudah mendapatkan jawaban dan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada pengguna lulusan untuk mengetahui kinerja lulusan Pendidikan Teknik Bangunan. Sampel pada penelitian ini adalah 23 lulusan yang bekerja di bidang pendidikan sebagai guru. Hasil yang diperoleh dari studi lulusan Pendidikan Teknik Bangunan 69,6% bekerja di SMK, 52% menyatakan bahwa pekerjaan saat ini sesuai dengan bidang ilmu yang diperoleh selama perkuliahan. Pada kepuasan pengguna wisuda penilaian kinerja lulusan sesuai dengan kompetensi lulusan membuktikan bahwa kompetensi pedagogik (40%) berada pada kategori sedang, kompetensi kepribadian (62%) berada pada kategori tinggi, kompetensi profesional (62%) berada pada kategori tinggi, dan kompetensi sosial (42%) pada kategori sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna lulusan merasa puas dengan kinerja lulusan PTB UNJ pada kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional. Sedangkan, pengguna lulusan belum puas dengan kompetensi pedagogik dan sosial.

 

Kata kunci: kepuasan pengguna lulusan, standar kompetensi lulusan, pekerjaan bidang pendidikan

Abstract

This research aims to determine the profile of graduates of Building Engineering Education Study Program of Universitas Negeri Jakarta in the field of educational work as a teacher and to determine the satisfaction of graduate users with graduate performance. This research was conducted from March to July 2019. The research was conducted on graduates of the Building Engineering Education Study Program at Universitas Negeri Jakarta. This research used quantitative methods in the form of numbers and data collection techniques by distributing questionnaires to graduates through Google Form to make it easier to get answers and distribute questionnaires directly to graduate users to find out the performance of graduates of Education Building technique. The sample in this study were 23 graduates who worked in the field of education as teachers. The results obtained from the study of graduates of Building Engineering Education graduates 69.6% graduates work in SMK, 52% stated that the current job is in accordance with the field of science obtained during college. On the Graduation User Satisfaction of the graduate performance appraisal in accordance with the Competence of graduates proved that pedagogical competence (40%) was in the medium category, personality competency (62%) was in the high category, professional competency (62%) was in the high category, and social competency (42%) was in the medium category . The results of this study indicate that graduates are satisfied with the performance of PTB UNJ graduates on personal competence and professional competence. Meanwhile graduate users have not been satisfied with pedagogic and social competencies.

 Keywords: graduation user satisfaction, graduates competency standards, educational work field

Referensi

Agustin, I. S. dkk,. 2017. Analisis Keteserapan Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta Di Lapangan Pekerjaan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil. 6(2): 1-5. Diakses 23 September 2019.

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Cetakan kedepalan Alvabeta, 2009.

Depdiknas. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14, Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.

Hodges, D, and Burchell, N. (2003). Business Graduate Competencies: Employers’ Views on Importance and Performance. Asia-Pacific Journal of Cooperative Education, 4(2), 16-22

Indonesia(KKNI). Jakarta: Peraturan Presiden

Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Universitas Negeri Jakarta Pedoman Akademik Universitas Negeri Jakarta 2015/2016 Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Jakarta. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 2015.

Mahendra, Oke Tri. 2012. Studi Kepuasan Pengguna Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNJ. Jurnal Pensil FT UNJ. 1(1): 1-20. Diakses 23 September 2019.

Nasution, S. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012. Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional

Permendikbud. (2007). Permendikbud Nomor 16 tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan

Kompetensi Guru. Jakarta: Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik indonesia. Pers, 2009.

Sari, R. R. dkk,. 2015. Studi Penelusuran (Tracer Study) Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT UNJ Tahun Lulusan 2006-2011. Jurnal Pensil FT UNJ. 4(2): 79-84. Diakses 23 September 2019.

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, Imam (2012). Mengajar Profesionalisme Guru Strategi Praktis mewujudkan Citra Guru Profesional. Jakarta: Prestasi Jakarta

Diterbitkan
2020-05-20