EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH TEORI DAN PRAKTIK PLUMBING
DOI:
https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i2.15340Keywords:
Effectiveness, Student Capability, Interactive MultimediaAbstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teori dan Praktik Plumbing pada semester gasal (109) 2018/2019 dengan jumlah 83 mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diskusi kelompok pre-test post-test dengan membagi dua kelompok belajar yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pada pembelajaran teori hasil pre-test dan post-test pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 42 dan 69 yang artinya terjadi peningkatan nilai sebesar 27 sedangkan kelas eksperimen mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 46 pada saat pre-test dan 80 pada post-test sehingga peningkatannya jauh lebih besar kelas eksperimen sebesar 34. Berdasarkan hal tersebut, penggunaan multimedia interaktif lebih efektif daripada pembelajaran dengan powerpoint dan video. Dari segi minat dilihat dari angket, saran dan tanggapan yang disebarluaskan telah meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, hasil lain yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa multimedia interaktif masih membutuhkan banyak pengembangan dari aspek materi, penulisan, tampilan, video dan kuis.
Kata kunci: efektivitas, kemampuan mahasiswa, multimedia interaktif
Abstract
This research is experimental research. The subjects in this study were students who took plumbing courses in the odd semester (109) 2018/2019 with 83 students. This research was conducted using the pretest posttest group discussion method by dividing the two learning groups namely the experimental group and the control group. The results showed that the experimental class had higher learning outcomes than the control class. In theory learning the results of the pretest and posttest in the control class get an average value of 42 and 69 which means there is an increase in value of 27 while the experimental class gets a higher value from the control class which is 46 at the pretest and 80 at the posttest so that the increase is much more large compared to the experimental class of 34. Based on this, the use of interactive multimedia is more effective than learning with powerpoint and video. In terms of interest seen from the questionnaire, suggestions and responses that were disseminated had increased students' interest in participating in learning. In addition, other results were obtained in this study that interactive multimedia is still needed a lot of development from the aspects of material, writing, display, video, and quiz.
Keywords: Effectivenesss, Student Capability, Interactive Multimedia
References
Damarsari, R. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Patama Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Berkesulitan Belajar Matematika Kelas II Di SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Dewi, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 PVKB UNJ. Universitas Negeri Jakarta.
Haryoko, S. (2010). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 1–10. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/article/view/972
Imaduddin, M. C., & Nur Utomo, U. H. (2012). Efektifitas Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, IX, 62–75.
Luddin, M. ., Komalasari, G., Iskandar, I., Jafar, M., Nurjayadi, M., Sachriani, … Syaifullah. (2014). Pedoman Akademik 2014/2015 Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Permana, Y. W. (2010). Efektivitas Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK, 1–9.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9 Edisi 1, 15–32.
Sobarna, E., Darmawan, D., & Hudiana. (2014). Efektifitas Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Model Tutorial Terhadap Motivasi Serta Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. Edutech, 1(3), 386–399.
Sudarmanto, D., Ekawati, Y., & Widya, Y. (2006). Multimedia Interaktif Sebuah Terobosan Pembelajaran Paket B. Jurnal Ilmiah Visi PTK-PNF, 1(1), 46–56. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.0101.6
Suwiwa, I. G., Santyasa, I. W., & Kirna, I. M. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Pencak Silat. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.
Tiurma, L., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan Pembelajaran Multimedia Materi Dimensi Tiga Ditinjau Dari Prestasi Dan Minat Belajar Matematika Di SMA. Jurnal Kependidikan, 44, 175–187.