PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN I
DOI:
https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i2.15350Keywords:
Media Pembelajaran, Multimedia, Konstruksi BangunanAbstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata kuliah Konstruksi Bangunan I dengan berbantuan perangkat lunak Adobe Animate CC. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan Luther-Sutopo melalui enam tahapan pengembangan, yaitu konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), uji coba (testing), dan distribusi (distribution). Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data uji kelayakan produk melalui validasi oleh ahli dan uji coba produk kepada mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Konstruksi Bangunan I. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yang didapat dari hasil persentase penilaian skor kelayakan. Hasil pengembangan media pembelajaran berupa produk multimedia dibuat dalam sembilan materi. Hasil validasi oleh ahli media pembelajaran mendapatkan persentase kelayakan sebesar 88% dengan kategori sangat layak, dan hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 74,8% dengan kategori layak. Hasil penilaian produk yang didapatkan dari uji coba terbatas kepada mahasiswa mendapatkan persentase kelayakan 80,7% dengan kategori layak dan mendapatkan respon yang positif dari mahasiswa dengan tanggapan media pembelajaran berbasis multimedia ini menarik, tidak membosankan, serta dapat memudahkan mahasiswa dalam mempelajari materi Konstruksi Bangunan I.
Kata kunci: media pembelajaran, multimedia, konstruksi bangunan 1
Abstract
This research is a development research that aims to produce multimedia-based learning media in Building Construction I course using Adobe Animate CC software. This study uses the Research and Development (R & D) method which refers to Luther-Sutopo's research and development model through 6 (six) development phases, that are: concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. This study uses a questionnaire as an instrument that tests product feasibility data through validation by expert lecturers and product testing for students who are took Building Construction I course. Data analysis techniques used qualitative descriptive analysis, which were obtained from the results of the percentage score of the feasibility score. Media development for multimedia products made in 9 (nine) materials. The results of validation by media experts got a percentage of eligibility of 88% which was categorized as very eligible, and the results of validation by material experts got a percentage of eligibility of 74,8% which was categorized as eligible. The product assessment results obtained from limited trials on students got a percentage of eligibility of 80,7% which was categorized as eligible and got positive responses from students with the multimedia-based learning are interesting, unusable, and can make students study easier in Building Construction I course.
Keywords: learning media, multimedia, building construction I
References
Ali Imron, Manajemen Peserta Didik (Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2008)
Ariesandi, Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Anak (Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2008)
Asmani, Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, Inovatif (Yogyakarta : DIVA Press, 2010)
Endang Purwoastuti dan Elisabeth Siwi Walyani, Metodologi Penelitian (Yogyakarta : PT Pustaka Baru, 2014)
Erie Sudewo, Character Building (Jakarta : PT Gramedia 2011)
FIFA, Grassroots (Jakarta : Pertamina Cerdas, 2014)
Kaswan, Leadership and Teamworking (Bandung : Alfabeta, 2013)
Luxbacher Josep, Sepakbola Taktik dan Teknik Bermain (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 1997)
Sugiyono, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Bandung : Alfabeta, 2011)