PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATA KULIAH MANAJEMEN PENDIDIKAN VOKASI

Studi pada Pendidikan Teknik Bangunan UNJ

Authors

  • Gilang Septian Wandiatama Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.15475

Keywords:

E-module, 4D, management of vocational education, vocational education

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa E-Modul dengan aplikasi Adobe Indesign CS6 yang dapat membantu dosen dalam mengajar dan dapat digunakan untuk mengembangkan minat dan keahlian mahasiswa dalam bidang Pendidikan Vokasi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang mengacu pada model penelitian Four-D. Penelitian ini melalui 4 (empat) tahap pengembangan yaitu, Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Validasi produk menggunakan ahli materi dan ahli media. Data validasi ahli dianalisis menggunakan rumus Aiken's V untuk menentukan kelayakan e-modul tersebut. E-modul yang divalidasi oleh dosen ahli materi mendapatkan nilai 0,66, termasuk kategori valid. Penilaian oleh dosen ahli media mendapatkan nilai 0,78 dengan kategori valid. Sedangkan dari hasil analisis tanggapan siswa diperoleh sebanyak 0,31 dengan kategori valid.

Kata kunci: E-Modul, 4D, Manajemen Pendidikan Vokasi, Pendidikan Vokasi

Abstract

This study aims to produce teaching material products in the form of E-Modules assisted by Adobe Indesign CS6 application that can assist lecturers in teaching and can be used to develop students' interests and expertise in the field Vocational Education. The study using the Research and Development method, which refers to the Four-D research model. The study through 4 (four) stages of development, namely, Define, Design, Develop, and Disseminate. This study uses questionnaires as data collection instruments. Product validation using material experts and media experts. The expert validation data was analyzed using the Aiken's V formula to determine how feasible the e-module was. E-modules validated by material expert lecturers get a value of 0.66, as category valid. The assessment by the media expert lecturer got a value of 0.78, as category valid. While from the results of the analysis of student responses were obtained as much as 0.31 with a valid category.

Keywords: E-Module, 4D, Management of Vocational Education, Vocational Education

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Ardiana,T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak. Vol.17. No.02
Dewi, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 25–34.
Fillaili, A. S. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Pembelahan Sel Untuk Siswa SMA Kelas XII IPA. Jurnal-online.um.ac.id.
Octaviana, B. A., Subroto, & Sumarna. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Minat Belajar Fisika Perserta Didik Kelas X Pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(5).
Rosenberg, M. J. (2001). E-Learning: Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age. USA: McGraw - Hill Companies.

Downloads

Published

2020-09-26

How to Cite

Gilang Septian Wandiatama. (2020). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATA KULIAH MANAJEMEN PENDIDIKAN VOKASI: Studi pada Pendidikan Teknik Bangunan UNJ. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 9(3), 192–199. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.15475